2 Hobi Ini Bisa Bikin Anak Cerdas dan Berprestasi

2 Hobi Ini Bisa Bikin Anak Cerdas dan Berprestasi
2_Hobi_Ini_Bisa_Bikin_Anak_Cerdas_dan_Berprestasi

LIGAPEDIA.news – Setiap orang tua menginginkan buah hatinya tumbuh dengan cerdas dan sukses. Lantas, bagaimana anak-anak tersebut bisa meraih kecerdasan dan kesuksesan seperti yang diinginkan orang tuanya?

Kepintaran dan kesuksesan anak ternyata dapat dipengaruhi oleh hobi yang dia minati sejak kecil. Sebuah penelitian menyebutkan ada dua hobi yang bisa mendukung kecerdasan anak lebih baik dibandingkan aktivitas lainnya. Kedua hobi tersebut adalah olahraga dan membaca.

Bacaan Lainnya

Dalam studi yang belum lama ini diterbitkan, para ilmuwan saraf dari University of Eastern Finland mengatakan anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan membaca dan berolahraga tim bisa mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih baik, dibandingkan anak-anak yang fokus pada aktivitas lain, seperti bermain komputer tanpa pengawasan, video game, dan permainan lain yang tidak terstruktur.

Studi itu juga menemukan anak-anak yang aktif membaca dan berolahraga bakal mengalami perkembangan yang lebih baik jika mendapat asupan makanan sehat.

“Peningkatan kualitas pola makan, olahraga, dan membaca dikaitkan dengan peningkatan kemampuan kognitif,” tulis para peneliti.

Para peneliti menemukan aktivitas fisik yang terstruktur, seperti berolahraga, bisa meningkatkan keterampilan otak anak. Temuan ini sejalan dengan penelitian serupa yang menganalisa kaitan antara peningkatan aktivitas fisik dengan fungsi otak, termasuk kemampuan belajar dan daya ingat.

Tak hanya itu, anak-anak yang kerap berolahraga mempunyai kecenderungan depresi yang lebih rendah dan rasa percaya diri yang tinggi. Di sisi lain, olahraga tim yang melibatkan interaksi sosial dapat mendorong peningkatan kesehatan mental anak.

Sementara anak yang memiliki hobi membaca memiliki kreativitas, kesehatan mental, dan keterampilan berpikir yang lebih baik dibanding anak-anak dengan hobi lainnya.

Cincinnati Children’s Hospital dalam sebuah studi yang dilakukan, menemukan anak-anak yang sering membaca memiliki skor tes kognitif lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang menghabiskan waktu dengan bermain gadget atau komputer.

Meskipun begitu, tak semua video game berdampak buruk pada anak. Ada beberapa yang menawarkan manfaat bagi perkembangan anak-anak, seperti meningkatkan daya ingat, kesadaran spasial, hingga bahkan keterampilan sosial.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *