Berita UnggulanBerita ViralKesehatan

4 Macam Makanan yang Harus Dihindari saat Batuk Agar Tidak Makin Parah

LIGAPEDIA.news – Beberapa jenis makanan memang bisa memperparah batuk yang sedang Anda alami. Karena itu, sebisa mungkin Anda harus menghindarinya agar batuk cepat sembuh dan tidak menjadi semakin parah.

Macam makanan yang harus dihindari saat batuk Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk melawan infeksi dan berbagai penyakit yang mengintai. Karena itu, pastikan makanan yang kita konsumsi benar-benar bernutrisi dan tidak memicu peradangan di tubuh, agar gejala batuk berkurang. Berikut macam makanan yang sebaiknya dihindari saat batuk :

Gorengan

Makanan yang digoreng cenderung memperburuk kondisi batuk. Asam lemak dari mentega dan asam lemak omega-6 dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak lendir. Hal ini akan membuat batuk semakin parah.

Makanan tinggi histamin

Histamin diproduksi oleh tubuh untuk membuang partikel berbahaya, termasuk alergen.
Bahan kimia ini bekerja dengan memicu tubuh memproduksi lebih banyak lendir. Hal ini membuat hidung menjadi berair atau tersumbat. Oleh karena itu, seseorang yang sedang menderita batuk dan pilek sebaiknya menghindari makanan yang kaya akan histamin. Makanan tinggi histamin, misalnya alpukat, jamur, stroberi, buah-buahan kering, alkohol, yogurt, cuka, dan makanan fermentasi.

Gula

Mirip dengan tinggi histamin, gula juga bisa memicu peradangan. Hal ini dapat memperburuk gejala pilek termasuk batuk.

Kafein dan alkohol

Minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman beralkohol bisa memicu dehidrasi. Saat batuk, cairan tubuh juga berubah menjadi lendir, sehingga tubuh rentan dehidrasi. Agar tidak memperburuk gejala, sebaiknya kita menghindari makanan yang . Selain itu, alkohol bisa mencegah sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik sehingga memperpanjang batuk dan pilek di tubuh Anda.

Sumber : health.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *