Berita UnggulanKuliner

5 Sayuran yang Tidak Boleh untuk Asam Urat

LIGAPEDIA.news – Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyakitkan yang mempengaruhi satu atau lebih sendi. Tapi ada sayuran yang tidak boleh untuk asam urat.
Penyakit ini bisa diobati dengan obat antiinflamasi dan pereda nyeri. Rasa sakit terjadi ketika asam urat mengkristal dan menumpuk di persendian.

Asam urat, yang berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi lapisan pembuluh darah kita, terbentuk selama pemecahan zat organik yang ditemukan dalam makanan yang disebut purin.

Beberapa sayuran kaya akan purin seperti asparagus, kembang kol, dan bayam. Namun, penelitian belum menunjukkan sayuran dengan purin tinggi berhubungan dengan kadar asam urat tinggi atau meningkatkan serangan asam urat.

Menurut laporan yang diterbitkan dalam Buletin Biologi dan Farmasi pada Mei 2014, sayuran dengan kandungan purin tinggi pun belum terbukti meningkatkan risiko asam urat.

Para peneliti berspekulasi dua hal – hal ini mungkin karena kandungan purin tiga hingga empat kali lebih sedikit dibandingkan kandungan purin dalam daging atau mungkin karena mengandung purin spesifik yang disebut adenin dan guanin, dan guanin tampaknya tidak meningkatkan jumlah purin. asam urat dalam darah.

The Arthritis Foundation menambahkan bahwa hal ini mungkin terjadi karena senyawa bermanfaat lainnya dalam sayuran, seperti antioksidan dan fitokimia, mengimbangi potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh purin.

Sayuran yang tidak boleh untuk asam urat:

1. Asparagus

Mengutip berbagai sumber, asparagus adalah sayuran yang mengandung purin dalam jumlah sedang.

Anda sebaiknya makan sayuran ini tidak lebih dari 1/2 cangkir porsi, lima kali seminggu, jika Anda berisiko terkena asam urat.

Memasukkan asparagus sesekali sebagai bagian dari pola makan sehat memang memiliki manfaatnya.

Vitamin B-6, E dan C serta serat dan asam folat merupakan nutrisi yang dikonsumsi saat mengonsumsi asparagus. Coba ganti asparagus dalam resep dengan sayuran lain seperti daun bawang atau okra.

2. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran lain yang sebaiknya dimakan hanya sesekali ketika mencoba mengurangi jumlah purin dalam makanan Anda. Ini merupakan salah satu sayuran yang tidak boleh untuk asam urat.

Kembang kol merupakan pilihan sayuran padat nutrisi. Secara alami rendah garam dan bebas lemak, kembang kol merupakan sumber folat dan vitamin C yang baik.

Batasi asupan hingga porsi 1/2 cangkir hingga lima kali seminggu. Pengganti yang baik untuk menggantikan kembang kol adalah brokoli, yang rendah purin.

3. Jamur

Sekalipun enak, tapi batasi jumlah makan jamur hanya 1/2 cangkir porsi, maksimal lima kali seminggu, dapat membantu mengontrol purin dalam tubuh.

Sayuran rendah kalori ini menawarkan nutrisi seperti riboflavin, niasin, dan tembaga. Gantilah jamur dengan sayuran rendah purin lainnya untuk menghindari kehilangan vitamin dan mineral penting.

Paprika dapat digunakan sebagai pengganti jamur pada pizza, telur dadar, atau salad untuk mengurangi purin serta menambah rasa dan tekstur.

4. Bayam

Bayam merupakan tambahan sayuran berdaun hijau yang baik untuk diet Anda dan menawarkan vitamin A dan C bersama dengan zat besi, serat dan folat.

Namun, jika Anda memiliki masalah asam urat, bayam mengandung purin dalam jumlah sedang dan sebaiknya dibatasi porsinya hanya 1/2 cangkir, lima hari seminggu.

Pilih sayuran lain untuk menggantikan bayam seperti daun atau selada romaine untuk salad atau sebagai bagian dari topping sandwich.

5. Kacang polong

Kacang polong mengandung vitamin A dan C, serat dan folat – mengandung purin dalam jumlah sedang, dan Anda sebaiknya makan tidak lebih dari 1/2 cangkir lima kali seminggu, jika Anda mencoba mempertahankan pola makan rendah purin.

Gantilah kacang ini dengan beragam sayuran lain sebagai bagian dari pola makan sehat untuk mendapatkan keseimbangan vitamin dan mineral, seperti wortel, zucchini, atau seledri.

Itulah beberapa sayuran yang tidak boleh untuk asam urat.

Sumber : cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *