Ahli Astronomi BRIN Posisi Hilal Awal Dzulhijjah 1445 Menentukan Idul Adha 2024

Astronomi BRIN Posisi Hilal Awal Dzulhijjah 1445

Ligapedia.news – Kementerian Agama akan melaksanakan Sidang Isbat pada Jumat sore (7/6/2024) untuk menentukan awal Dzulhijjah 1445 yang terkait dengan perayaan Hari Raya Idul Adha. Ahli Astronomi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, mengungkapkan posisi hilal di Jakarta saat matahari terbenam

Pelaksanaan Sidang Isbat Kementerian Agama

Kementerian Agama telah mengumumkan sidang isbat akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang isbat akan diawali dengan seminar hybrid terkait kriteria penetapan awal bulan Hijriyah dan  diikuti oleh perwakilan ormas Islam dan para tamu undangan.

Kemudian, acara akan dilanjutkan dengan Sidang Isbat secara tertutup, Hasil dari sidang ini akan diumumkan melalui konferensi pers penetapan awal Dzulhijjah dan Idul Adha 2024.

Kriteria Imkanur Rukyat MABIMS

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, mengatakan bahwa berdasarkan data hilal pada Jumat (7/6), posisi hilal telah melampaui kriteria Imkanur rukyat MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). MABIMS mensyaratkan tinggi hilal minimal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

“Pada 7 Juni 2024 atau 29 Zulkaidah 1445, di seluruh wilayah Indonesia, ketinggian hilal berada di atas ufuk antara 7° 15.82′ sampai 10° 41.09′, dengan sudut elongasi antara 11°34.83′ sampai 13°14.47′. Hal tersebut sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan MABIMS,” kata Adib.

Potensi Hilal Terlihat di Indonesia

Dengan posisi tersebut, berdasarkan data dan perhitungan, hilal diperkirakan sudah berada di atas kriteria Imkanur rukyat. “Artinya, secara astronomis, pada 7 Juni 2024, hilal diperkirakan dapat terlihat di beberapa wilayah di Indonesia. Tinggal nanti bergantung dengan cuaca setempat,” imbuh Adib.

Adib menambahkan bahwa hasil perhitungan Imkanur rukyat atau Wujudul Hilal penentuan awal bulan Dzulhijjah berpotensi memiliki kesamaan. Sehingga, umat Muslim di Indonesia diperkirakan dapat merayakan Hari Raya Idul Adha secara serentak. Kendati begitu, Adib menekankan bahwa masyarakat harus menunggu hasil Sidang Isbat untuk konfirmasi resmi.

Peran BRIN dalam Penentuan Hilal

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memainkan peran penting dalam penentuan posisi hilal. Ahli astronomi dari BRIN, seperti Thomas Djamaluddin, memberikan data dan analisis yang akurat tentang posisi hilal. Informasi ini menjadi acuan bagi Kementerian Agama dalam menentukan awal bulan Hijriyah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *