Anies ikut turun demo kenaikan UKT bersama mahasiswa, benarkah?

Anies ikut turun demo kenaikan UKT bersama mahasiswa, benarkah?
Anies ikut turun demo kenaikan UKT bersama mahasiswa, benarkah?

Ligapedia.news – Kenaikan biaya uang kuliah tunggal (UKT) sedang menjadi perbincangan publik dan bahkan menuai aksi protes dari para mahasiswa yang menuntut agar kebijakan itu ditinjau ulang.

Sebuah unggahan video YouTube berdurasi 10 menit menarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta serta Menteri Pendidikan, Anies Baswedan ikut melakukan demonstrasi bersama mahasiswa terkait kenaikan UKT.

Read More

Berikut narasi dalam unggahan video tersebut:

“GEGER ANIES TURUN BERSAMA MAHASISWA DUDUKI DPR AKIBAT UKT NAIK”

Namun, benarkah Anies ikut turun demo kenaikan UKT bersama mahasiswa?

Berdasarkan penelusuran, thumbnail dalam video tersebut serupa dengan unggahan foto di Kompas yang berjudul “Unjuk Rasa Mahasiswa dan Publik yang (Kadung) Tak Percaya”. Dalam artikel tersebut, para mahasiswa di berbagai kota turun ke jalan menyuarakan beragam tuntutan. Salah satunya menolak wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Selain itu, narasi yang dibacakan narator merupakan artikel dari laman Tempo yang berjudul “Kado Hari Pendidikan Nasional: UKT Naik di Berbagai Kampus Negeri”, yang menyoroti kenaikan UKT di berbagai perguruan tinggi menjadi sorotan utama setelah diterbitkannya Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) tahun 2024.

Namun, dalam narasi tersebut tidak ada pernyataan Anies Baswedan ikut dalam aksi mahasiswa terkait hal tersebut . Foto Anies ditengah aksi mahasiswa juga merupakan editan.

Source : Antara

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *