Berita TerbaruBerita UnggulanKesehatan

Apa Akibat Makan Jam 10 Malam? Berikut Penjelasannya

LIGAPEDIA.news – Makan malam sebelum tidur dipercaya dapat berdampak buruk untuk kesehatan. Lalu, apa akibat makan jam 10 malam? Ternyata, makan jam 10 malam tidak hanya dapat meningkatkan berat badan, namun juga akan memicu masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit asam lambung dan sindrom metabolik.

Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, Anda diimbau untuk tidak makan malam setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Apa akibat makan jam 10 malam?

Makan jam 10 malam ternyata tidak disarankan karena terlalu dekat dengan waktu tidur dan tidak sejalan dengan fungsi tubuh. Akibatnya, beberapa masalah kesehatan akan muncul saat Anda makan di malam hari sebelum tidur.

Disarikan dari Healthline dan Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa akibat makan jam 10 untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Meningkatkan berat badan
Makan jam 10 malam bertentangan dengan ritme sirkadian, yang merupakan jam biologis tubuh yang mengatur waktu tidur dan bangun setiap hari. Sensitivitas insulin di pagi hari lebih tinggi untuk mendukung aktivitas yang dilakukan sepanjang hari.

Namun, resistensi insulin meningkat di malam hari sehingga kelebihan kalori yang dikonsumsi di malam hari akan disimpan sebagai lemak sehingga dapat meningkatkan berat badan.

Meningkatkan keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat
Makan terlalu larut di malam hari dapat membuat Anda tidak dapat mengontrol nafsu makan atau meningkatkan kecenderungan untuk memilih jenis makanan yang tidak sehat.

Bahkan, 45 persen dari 104 orang yang mengalami obesitas cenderung memilih makanan berpemanis sebagai kudapan di malam hari.

Meningkatkan risiko sindrom metabolik
Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa makan di malam hari mendekati waktu tidur bisa meningkatkan risiko sindrom metabolik.

Beberapa orang yang makan di atas jam 9 malam juga memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi di pagi hari sehingga dapat meningkatkan risiko obesitas.
Meningkatkan risiko penyakit asam lambung
Makan jam 10 malam dan langsung berbaring atau tidur setelahnya dapat meningkatkan risiko penyakit asam lambung.

Dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini dapat memicu terjadinya gastroesophageal reflux disease (GERD) yang akan menyebabkan rasa nyaman dan nyeri di dada. Beberapa masalah kesehatan di atas akan muncul ketika Anda makan di atas jam 10 malam karena bertentangan dengan ritme sirkadian tubuh.

Kapan batas makan malam yang baik untuk kesehatan?
Batas makan malam yang baik untuk kesehatan adalah tiga jam sebelum tidur. Pasalnya, tubuh memerlukan waktu yang cukup untuk mencerna makanan yang masuk sehingga tidak akan mengganggu kualitas tidur, namun dapat menghindarkan Anda dari rasa lapar di malam hari.

Anda yang merasa lapar di malam hari tetap bisa makan, namun jenis makanan yang dipilih harus diperhatikan. Makanan sehat, seperti sayur, buah, dan yogurt, dapat dikonsumsi di malam hari. Namun, porsinya tetap perlu diperhatikan agar tidak berdampak negatif pada kesehatan.

Memahami apa akibat makan jam 10 malam sangatlah penting agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan agar bisa menurunkan risiko masalah kesehatan di atas.

Sumber : health.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *