Jumlah Kasus Meningkat, Apakah Cacar Monyet Menyebabkan Kematian?

Jumlah_Kasus_Meningkat_Apakah_Cacar_Monyet_Menyebabkan_Kematian

Ligapedia.news – Plt Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengungkapkan, terdapat 17 kasus cacar monyet di Jakarta hingga Jumat, meningkat dari sebelumnya 13 kasus.

Dari 17 kasus tersebut, satu kasus merupakan orang yang terinfeksi pada Agustus 2022 dan kini telah sembuh. Sehingga, kasus positif cacar monyet aktif berjumlah 16 orang.

Bacaan Lainnya

Penyakit cacar monyet merupakan penyakit endemik dari Afrika Tengah yang disebabkan oleh infeksi virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae.

Lantas, apakah penyakit cacar monyet bisa menyebabkan kematian?

Penjelasan kemenkes

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, cacar monyet memiliki fatalitas atau tingkat kematian yang rendah.

“Monkeypox memiliki fatalitas rendah, namun bisa menyebabkan kematian pada orang yang memiliki imunitas rendah,” jelas Nadia.

Nadia mengungkapkan, seseorang yang memiliki imunitas rendah tersebut adalah pasien cacar monyet, namun dia juga penderita human immunodeficiency virus (HIV) dan penyakit penyerta lainnya.

Namun, pasien cacar monyet yang juga penderita HIV masih boleh melakukan vaksinasi cacar monyet walaupun sudah terlanjur terinfeksi penyakit tersebut.

“Saat ini prioritas vaksin untuk penderita cacar monyet adalah seseorang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien cacar monyet dan pernah melakukan hubungan seksual dengan penderita cacar monyet,” kata Nadia.

Selain orang yang memiliki sistem imun rendah, komplikasi medis serta kematian akibat virus cacar monyet umumnya juga terjadi pada bayi yang baru lahir, dan anak-anak.

Cara mencegah penularan cacar monyet

Virus cacar monyet ditularkan melalui kontak erat dengan penderita.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mencegah penularan cacar monyet. Dilansir dari akun Instagram resmi @kemenkes_ri, Jumat (27/10/2023), berikut cara mencegah penularan cacar monyet:

  • Hindari melakukan hubungan seksual dengan banyak atau berganti-ganti pasangan.
  • Jangan berhubungan seksual dengan pasangan yang menunjukkan gejala cacar monyet seperti ruam bernanah di kulit.
  • Jika mengalami gejala cacar monyet seperti muncul ruam bernanah atau keropeng di kulit, segera periksakan diri ke puskesmas, klinik atau rumah sakit.

Gejala cacar monyet

Masih dari sumber yang sama, penting untuk mengetahui gejala cacar monyet agar terhindar dari penyakit tersebut.

Berikut merupakan gejala cacar monyet yang patut diwaspadai:

  • Mengalami demam dengan suhu lebih dari 38 derajat celsius.
  • Setelah mengalami demam selama satu hingga tiga hari, muncul ruam berbentuk makula, papul, vesikel pustula, dan krusta seperti gambaran penyakit cacar .
  • Gejala cacar monyet disertai pembesaran kelenjar getah bening.
  • Gejala cacar monyet juga dapat disertai dengan nyeri otot, sulit menelan, diare, dan radang pada genital.

Sumber : kompas.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *