Apakah Paracetamol Bikin Ngantuk

Apakah Paracetamol Bikin Ngantuk
Apakah Paracetamol Bikin Ngantuk

LIGAPEDIA.news – Paracetamol adalah obat penghilang rasa sakit dan penurun demam yang kerap digunakan untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan, seperti nyeri ringan, demam, sakit gigi, atau sakit kepala. Seperti kebanyakan obat, obat ini tentunya juga memiliki efek samping tertentu.

Apakah paracetamol bikin ngantuk?

Jika diminum sesuai petunjuk aturan penggunaan obat, umumnya paracetamol termasuk obat yang tidak bikin ngantuk. Namun perlu diingat, penggunaan obat yang tidak tepat, atau bagi orang yang sensitif pada obat ini, Anda bisa ngantuk saat minum paracetamol. Jadi, pastikan Anda minum paracetamol sesuai dosis aman, aturan penggunaan obat, dan tidak minum paracetamol bersama obat yang memiliki kandungan sejenis.

Bacaan Lainnya

Apa penyebab ngantuk saat minum paracetamol?

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan orang ngantuk saat minum paracetamol:

Dosis obat
Minum paracetamol dosis tinggi bisa menimbulkan efek samping ngantuk setelah minum obat ini. Maka dari itu, pastikan Anda mengikuti dosis yang dianjurkan oleh dokter atau petunjuk aman obat ini.

Sensitivitas individu
Tubuh setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda saat minum obat, termasuk paracetamol. Bagi orang yang sensitif paracetamol, terkadang mereka jadi mengantuk setelah minum obat ini. Respons dan sensitivitas paracetamol bisa bervariasi dari orang ke orang.

Kondisi tertentu
Saat minum parasetamol untuk mengatasi nyeri atau demam, Anda mungkin merasa lemas dan mengantuk. Tapi, hal ini kemungkinan bukan karena efek obat, melainkan karena penyakit atau masalah kesehatan mendasar yang sedang Anda alami.

Waktu minum obat
Mengonsumsi paracetamol sebelum tidur dapat meningkatkan risiko rasa kantuk, sedangkan meminumnya di pagi hari setelah istirahat cukup sepanjang malam kecil kemungkinannya memunculkan efek ngantuk.

Sumber : health.kompas.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *