Berita PopulerBerita TerbaruTeknologi

Begini 10 Skenario Hari Kiamat Versi Ilmuwan Barat

LIGAPEDIA.news – Hari kiamat masih menjadi misteri bagi semua orang, baik soal waktu maupun proses kejadiannya. Selain dari sudut pandang agama, hari kiamat juga bisa dilihat dari segi sains.

Banyak ilmuwan memprediksi bagaimana hari kiamat nanti terjadi. Dalam artikel ini akan kita ulas 10 skenario hari kiamat versi ilmuwan Barat serta seberapa besar kemungkinannya terjadi.

Skenario Hari Kiamat dalam Sains
Dilansir dari Wired, berikut ini 10 skenario hari kiamat berdasarkan sains versi ilmuwan Barat serta bagaimana kemungkinan terjadinya.

1. Pandemi Penyakit
Pandemi COVID-19 tentu masih kita ingat betul dan mungkin dampaknya masih terasa sampai sekarang. Ada belasan juta orang meninggal karena COVID-19. Tentu bukan angka yang kecil.

Dari sini, bisa kita ketahui betapa cepatnya penularan penyakit melalui udara tanpa terlihat. Kejadian sebelumnya yang mirip adalah flu burung pada tahun 2011. Tidak menutup kemungkinan hal serupa akan terjadi di masa mendatang dengan kondisi yang berbeda.

2. Perubahan Iklim Ekstrem
Perubahan iklim sudah menjadi isu yang sejak lama dibahas dan menjadi fokus banyak pihak. Saat ini perubahan iklim sudah terasa dampaknya. Cuaca terkadang panas luar biasa, namun ada kalanya menjadi sangat dingin.

Mungkin ilmuwan tengah mencari solusi menggunakan teknologi. Namun di sisi lain, teknologi juga bisa memperburuk situasi. Kondisi semacam ini pun muncul di beberapa film yang menggambarkan tentang peristiwa hari kiamat.

Kapan kemungkinan terjadi: kapan saja
Potensi: rendah hingga sedang

3. AI Mengambil Alih Dunia
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah banyak membantu manusia dan masih dikembangkan agar semakin canggih. Namun AI juga seperti pedang bermata dua yang bisa berdampak negatif.

Bahkan kemungkinan terburuknya, AI bisa lebih pintar daripada manusia. Mungkin di masa sekarang kita hanya melihat risiko ini sebagai fiksi ilmiah atau hanya ada di dalam film.

Tetapi sangat mungkin nantinya akan diciptakan robot pembunuh atau robot yang menguasai dunia. Akibatnya, kehidupan manusia bisa terancam punah.

Kapan kemungkinan terjadi: sekitar tahun 2075
Potensi: sangat tinggi

4. Senjata AI Menghancurkan Dunia
Setiap negara berlomba-lomba menciptakan senjata canggih berteknologi AI. Korea Selatan menciptakan robot penjaga daerah perbatasan yang bisa menembakkan peluru. Selain itu, sudah banyak bermunculan drone canggih untuk menembak musuh.

Kapan kemungkinan terjadi: kapan saja
Potensi: rendah

5. Asteroid Bertabrakan
Bumi secara terus menerus dihantam asteroid. Namun asteroid gagal menembus bumi karena terbakar oleh atmosfer. Namun asteroid bisa menembus bumi karena ukurannya yang sangat besar dan sangat cepat.

Tabrakan asteroid ini sangat mungkin terjadi dan membahayakan populasi manusia. Sebab suatu teori menyebut populasi dinosaurus di masa lalu punah karena tabrakan asteroid ini.

Kapan kemungkinan terjadi: 50-100 juta tahun
Potensi: rendah

6. Perang Nuklir
Nuklir menjadi energi yang sangat dahsyat bila dimanfaatkan untuk kegiatan positif. Namun dalam perang, nuklir dapat berdampak sangat kuat dan berpotensi memusnahkan ribuan orang dalam satu waktu.

Selain itu, radiasi dari nuklir yang sangat tinggi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kecelakaan pada reaktor nuklir sudah terjadi di beberapa tempat seperti Fukushima dan Chernobyl.

Kapan kemungkinan terjadi: kapan saja
Potensi: rendah hingga sedang

7. Teori Simulasi Kehidupan
Menurut sejumlah agama, alam semesta diciptakan dan diatur oleh Tuhan. Akan tetapi beberapa pandangan sains memunculkan teori bahwa kehidupan kita adalah sebuah simulasi dari bentuk kehidupan paling cerdas di alam semesta.

Sedangkan kita hanya pemain kecil yang terperangkap dalam sesuatu yang tidak dapat kita pahami. Manusia dianggap sebagai eksperimen dari entitas yang lebih besar. Sehingga hari kiamat dalam teori ini mungkin terjadi sesuai kehendak entitas tersebut.

Kapan kemungkinan terjadi: tidak diketahui
Potensi: sangat rendah

8. Krisis Pangan
Populasi manusia diperkirakan terus bertambah dan diprediksi mencapai 9,6 miliar orang pada tahun 2050. Terlalu banyak populasi tentunya harus dibarengi dengan produksi pangan yang meningkat.

Namun apa yang terjadi jika produksi pangan masih stagnan? Yang terjadi adalah krisis pangan dan menyebabkan kelaparan massal, kekurangan gizi, serangan penyakit, dan banyak orang tewas.

Kapan kemungkinan terjadi: 2050
Potensi: tinggi

9. Ruang Hampa Menyedot Alam Semesta
Beberapa akademisi berpendapat bahwa apa yang sebelumnya kita anggap sebagai ruang hampa ternyata mengandung partikel. Alam semesta mungkin mengandung ‘ruang hampa yang sebenarnya’ yang berisi ketiadaan absolut.

Ini berpotensi menyedot alam semesta dengan kecepatan cahaya, dalam sebuah proses yang disebut peluruhan vakum. Saat ini alam masih dalam kondisi meta-stabil. Tapi pemercepat partikel memiliki potensi mengganggu dan bisa menyebabkan alam tersedot dan memusnahkan dunia kita.

Kapan kemungkinan terjadi: secara teknis sekarang
Potensi: sangat rendah

10. Pemimpin Tiran
Pemimpin tiran atau zalim bisa membawa kehancuran dunia. Mereka mungkin secara gegabah ingin berperang demi kekuasaan atau kekayaan. Bayangkan jika pemimpin semacam ini ada di berbagai negara. Tentu alam menjadi kacau dan segera terjadi kiamat.

Kapan kemungkinan terjadi: sekarang
Potensi: sedang

Sumber : inet.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *