Berapa Banyak Aktivitas Fisik yang Diperlukan agar Tubuh Sehat?

Berapa Banyak Aktivitas Fisik yang Diperlukan agar Tubuh Sehat?
Berapa_Banyak_Aktivitas_Fisik_yang_Diperlukan_agar_Tubuh_Sehat

LIGAPEDIA.news – Anak-anak ataupun orang dewasa membutuhkan aktivitas fisik rutin agar kesehatan terjaga.

Dikutip dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), aktivitas fisik yang teratur bisa meliputi jalan kaki, bersepeda, olahraga, atau rekreasi aktif (bermain lompat tali, engklek, dan outbound).

Read More

Manfaat aktif bergerak secara rutin bisa kita dapatkan sekalipun dilakukan dengan cara sederhana.

Aktivitas fisik secara signifikan memberikan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kebugaran otot dan kardiorespirasi serta kesehatan tulang.

Kurang melakukan aktivitas fisik secara rutin merupakan salah satu faktor risiko utama kematian akibat penyakit tidak menular.

Orang yang kurang aktif bergerak memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 20-30 persen dibandingkan dengan orang-orang yang cukup aktif.

Aktivitas fisik yang disarankan berdasarkan usia

Merujuk pada Kementerian Kesehatan RI, aktivitas fisik yang dianjurkan berbeda-beda berdasarkan usia.

Usia 5-17 tahun

Pada usia ini, direkomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 60 menit setiap harinya.

Contohnya, berlari-lari, bermain bola, bersepeda, berenang, dan sebagainya. Minimal tiga hari dalam seminggu melakukan aktivitas aerobic untuk penguatan otot dan tulang.

Usia 18-64 tahun

Disarankan selama minimal 150-300 menit melakukan aktivitas fisik intensitas sedang (seperti jalan cepat) atau selama minimal 75-150 menit aktivitas fisik intensitas berat (seperti berlari) dalam seminggu.

Melakukan selama minimal dua hari dalam seminggu aktivitas fisik untuk penguatan otot dan tulang (seperti sit up, push up, plank, dan squat).

Usia 65 tahun dan lebih

Melakukan selama minimal 150-300 menit aktivitas fisik intensitas sedang (seperti jalan cepat) atau selama minimal 75-150 menit aktivitas fisik intensitas berat (seperti lari) dalam seminggu.

Melakukan selama minimal dua hari dalam seminggu aktivitas fisik untuk penguatan otot intesitas sedang atau lebih yang melibatkan otot besar.

Melakukan selama minimal tiga hari dalam seminggu aktivitas fisik untuk keseimbangan dan penguatan dengan intesitas sedang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *