BTS Tersandung Dugaan Manipulasi Grafik, Badan Konten Korea Bakal Investigasi HYBE

Ligapedia_bts-tersandung-dugaan-manipulasi-grafik-badan-konten-korea-bakal-investigasi-hybe

Ligapedia.news – Badan Konten Kreatif Korea (KCCA) mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima keluhan resmi tentang dugaan Sajaegi (manipulasi grafik) BTS pada 21 Mei 2024.

KCCA yang berada di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, telah mengungkap pengaduan pertama kali ditujukan kepada lembaganya.

Read More

Mengutip laman Koreaboo, Rabu (21/5/2024), laporan namun telah dilimpahkan ke KCCA. Disebutkan bahwa lembaga tersebut akan menghubungi HYBE untuk menyelidiki klaim tersebut.

Warganet langsung bereaksi terhadap berita tersebut dan banyak yang menyatakan kurang percaya pada penyelidikan. Mereka merasa bahwa kementerian tidak akan menyelidiki klaim tersebut sebaik yang seharusnya.

Namun warganet lain juga menunjukkan fakta bahwa BTS dinyatakan tidak bersalah pada 2017 ketika mereka diselidiki atas tuduhan yang sama. “Jika Kementerian Kebudayaan menyelidiki mereka, tentu saja akan menghasilkan putusan yang tidak bersalah. Mereka tidak dapat menemukan bukti sajaegi sebelumnya,” seorang warganet tampak membela BTS.

Tidak akan membuat harapanku terlalu tinggi,” yang lain menimpali.

Kenapa mereka hanya menyelidiki BTS. Mereka harus menyelidiki penyanyi lain untuk melihat apakah mereka mampu (menemukan bukti adanya manipulasi chart),” seloroh warganet.

Mereka bukan lembaga investigasi, jadi penyelidikan ini tidak ada gunanya,” seru yang lain.

Warganet juga penasaran apa yang bakal didapat setelah investigasi, “Mereka bilang Kementerian Kebudayaan merekomendasikan agar BTS dicabut penghargaannya. Mari kita lihat apakah mereka menindaklanjutinya.”

Apakah Kementerian Kebudayaan berada di atas lembaga investigasi? Apakah ini komedi sialan? Tertawa terbahak-bahak,” kata warganet bertanya-tanya.

Warganet Minta Investigasi Seluruh Grup Warganet HYBE

Sebelumnya, warganet sempat menyerukan investigasi terhadap semua grup HYBE, setelah tuduhan manipulasi grafik yang meledak. Isu ini pertama kali terkuak sejak hari pertama persidangan antara HYBE dan Min Hee Jin ADOR, di mana terdapat membuat tuduhan yang mengejutkan.

Min Hee Jin mengklaim bahwa dia telah menolak saran HYBE untuk membeli album NewJeans secara massal, sehingga memicu konflik di antara mereka. Dia menyebutkan metode manipulasi grafik baru yang telah digunakan HYBE secara alamia.

Menyebutnya “pembelian di muka”, HYBE diduga akan membeli album dalam jumlah besar dari pengecer untuk membantu meningkatkan angka penjualan minggu pertama. Mereka kemudian akan mengembalikan uang tersebut ke pengecer tetapi membuat kesepakatan untuk tanda penggemar dengan pengecer, sehingga stoknya habis.

Hal ini karena fan sign adalah metode untuk menjual banyak album. Namun ini biasanya hanya dilakukan di akhir siklus promosi, sehingga tidak ada gunanya mendongkrak angka penjualan di minggu pertama. Angka penjualan minggu pertama penting dalam citra artis sebagai grup populer.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *