Berita PopulerBerita TerbaruBerita UnggulanKuliner

Cafe di Selo Boyolali dengan Pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu

LIGAPEDIA.news – Wilayah Selo di Kabupaten Boyolali dikaruniai pemandangan yang elok. Diapit Gunung Merapi dan Merbabu, kesejukan dan keindahan Selo menjadi daya tarik wisatawan. Namun, tak lengkap rasanya berkunjung ke Selo tanpa mampir ke The Mahesa Coffee and Eatery.

Kafe yang terletak di jalur utama Jalan Blabak – Boyolali ini mengusung konsep kebudayaan dan hasil bumi setempat. Suasana sejuk di seputaran Selo, tentu akan nikmat ditemani secangkir kopi.

“Kami menggunakan kopi lokal yang menjadi andalan, yakni Kopi Lencoh,” kata Manajer The Mahesa Coffee and Eatery, Yunef Agus, Jumat (29/9/2023). Kopi Lencoh, menurut Yunef, merupakan kopi peninggalan zaman Belanda. “Dulu kopi ini tidak dilirik, tapi sekarang mulai dibudidayakan. Kami menjadi satu-satunya yang menggunakan Kopi Lencoh ini, karena memang konsep awalnya kafe ini pemberdayaan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Pada Minggi pekan kedua dan keempat setiap bulan, ada pertujungan khas kawasan Selo, yakni tarian topeng ireng.
“Tarian topeng ireng dipertontonkan dalam dua sesi, masing-masing satu jam,” kata Yunef.

“Kami ingin memberi ruang bagi seniman lokal untuk tampil, agar kesenian dan kebudayaan khas ini semakin dikenal pengunjung dari daerah lain. Selain topeng ireng, juga ada live band,” paparnya.

Yunef mengatakan, The Mahesa terdiri dari tiga lantai. Pengunjung yang ada di lantai satu dan dua bisa bersantap di luar ruang dan dalam ruang.

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *