Canggih! Peternakan Sapi di China Sudah Pakai Teknologi AI untuk Perah Susu

Canggih! Peternakan Sapi di China Sudah Pakai Teknologi AI untuk Perah Susu
Peternakan_Sapi_di_China_Sudah_Pakai_Teknologi_AI_untuk_Perah_Susu

LIGAPEDIA.news – Canggihnya proses pembuatan susu di China, pemerasan sapi sudah didukung teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) demi meningkatkan efisiensi peternakan hingga pengelolaan ternak menjadi lebih akurat.

Sapi diberikan kalung pemantau yang dipasang di leher untuk mengumpulkan beragam data soal kesehatan hewan. Peternakan Feihe, China, menjadi yang pertama di dunia dengan pengembangan teknologi tersebut.

Read More

Perusahaan yang memproduksi susu bayi ini menggunakan sapi Holstein, umum dikenal dengan raja sapi, jenis sapi perah yang mencatat produksi susu tertinggi di dunia. Sementara teknologi yang digunakan adalah mesin pencampur TMR yakni menggabungkan ransum konsentrat serta pakan dalam proporsi ideal untuk diberikan kepada sapi.

“Kami memiliki dua sistem penerimaan susu yang otomatis, akan menyaring susu layak untuk dikirim melalui pipa steril ke tempat penyimpanan, kemudian didinginkan hingga suhu 0-4 derajat Celcius untuk menjaga kesegaran susu,” tutur Yang zhengwu, Technical Manager Feihe Farm.

Sapi di peternakan Feihe dapat mengonsumsi 40 hingga 50 kg pakan setiap harinya, yang terdiri lebih dari 30 formula tercampur.

Proses pemerahan sapi dari atas ke bawah, dengan durasi sekitar delapan setengah menit per sapi per minggu. Ruang pemerahan dilengkapi dengan kipas dan pengaturan sirkulasi udara otomatis, semprotan air, serta lampu yang menyerupai sinar matahari.

Sapi mendengarkan musik yang menenangkan untuk meningkatkan kenyamanan sekaligus menghindari respons kondisi tertentu. Sistem pengoperasian di peternakan dapat merekam dan menganalisis informasi tentang kawanan sapi, data pemerahan, dan lainnya.

Sistem peternakan semacam ini diyakini bisa meningkatkan kesehatan sapi dengan teknologi pelepasan wadah di setiap puting, menghindari kontaminasi antar puting, meningkatkan efektivitas pemandian, menyemperotkan air ke wadah, mengurangi penyebaran patogen dan memastikan kualitas susu dengan sensor online.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *