Cate Blanchett Curi Perhatian dengan Gaun Hitam Beraksen Bendera Palestina di Festival Film Cannes 2024

Ligapedia_cate-blanchett-curi-perhatian-dengan-gaun-hitam-beraksen-bendera-palestina-di-festival-film-cannes-2024

Ligapedia.news – Ada momen menarik sekaligus mengejutkan di hari ketujuh Festival Film Cannes 2024 di Cannes, Prancis. Kali ini aktris asal Australia Cate Blanchett jadi sorotan di red carpet (karpet merah). Cate tampil di salah satu ajang bergengsi di industri perfilman dunia itu pada Senin, 20 Mei 2024 waktu setempat.

Aktris pemenang Oscar ini hadir dalam balutan gaun yang dari depan berwarna hitam, tapi di bagian belakang gaun tersebut berwarna pink muda dengan bagian dalamnya berwarna hitam. Melansir unggahan akun @jeanpaulgaultier, Selasa (21/5/2024), ternyata gaun merupakan karya desainer senior asal Prancis Jean-Paul Gaultier dari koleksi Haute Couture.

Read More

Gaun itu tampak begitu elegan dan memperlihatkan postur tubuh langsing Blanchett. Ia juga mengenakan kalung mutiara dan berlian dari Louis Vuitton yang menghiasi dadanya. Rambut pirang Cate yang panjang sebahu dibiarkan terurai bebas.

Tapi yang paling menarik perhatian adalah saat Cate mengangkat ekor gaunnya dan memperlihatkan gaun adanya aksen warna hitam, hijau, merah muda, serta merah. Ornamen warna tersebut terlihat seperti merepresentasikan bendera Palestina.

Hal itu sebenarnya tidak terlalu mengejutkan karena Cate diketahui termasuk salah satu selebriti dunia yang terang-terangan mendukung Palestina. Ia bahkan menjadi salah satu aktivis yang kerap membahas isu kemanusiaan, termasuk soal genosida yang dilakukan Israel di Palestina.

Aktris berusia 55 tahun ini juga pernah menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza. Seruan itu disampaikan Blanchett dalam pidatonya di Parlemen Eropa pada November 2023.

Cate Blanchett Berharap Gencatan Senjata di Gaza

Saya bukan orang Suriah, Ukraina atau orang Yaman. Saya bukan orang Afghanistan, bukan dari Sudan Selatan. Saya bukan dari Israel atau Palestina. Saya bukan seorang politikus. Saya bahkan bukan seorang pakar. Tapi saya adalah saksinya,” kata Blanchett, dilansir Middle East Monitor, 9 November 2023.

Blanchett menyesalkan korban jiwa akibat perang, kekerasan dan penganiayaan di seluruh dunia, khususnya di Israel dan Gaza. “Awal pekan ini, komisaris tinggi UNHCR bersama beberapa organisasi kemanusiaan lainnya menyerukan untuk segera melakukan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza,” ucapnya yang disambut tepuk tangan dari anggota parlemen.

Konflik ini telah memakan korban dan akan terus memakan korban jiwa ribuan orang yang tidak bersalah bila terus berlanjut,” sambungnya.

Dukungan Artis Hollywood untuk Palestina

Sejumlah artis yang menandatangani antara lain adalah Andrew Garfield, Bella Hadid, Ben Affleck, Bradley Cooper, Cate Blanchett, Dua Lipa, Florence Pugh, Gigi Hadid, Jenna Ortega, Jennifer Lopez, Joaquin Phoenix, Kristen Stewart, Mark Ruffalo, dan masih banyak lagi.

Petikan pernyataan bersama ini, diunggah pula oleh para artis ini di Instagram masing-masing. “Kepada Presiden Biden, Kami berkumpul sebagai seniman dan advokat, namun yang paling penting adalah sebagai manusia yang menyaksikan hilangnya banyak nyawa dan kengerian yang terjadi di Israel dan Palestina,” begitu awal surat ini, melansir kanal Showbiz Liputan6.com, 28 Oktober 2023.

Mereka meminta Presiden Amerika Serikat dan Kongres AS segera menyerukan gencatan senjata di Gaza dan Israel sebelum makin banyak korban yang berjatuhan.

“Lebih dari 5.000 orang telah terbunuh dalam satu setengah minggu terakhir – jumlah yang bagi siapa pun yang punya hati nurani adalah sebuah bencana besar. Kami percaya semua kehidupan adalah sakral, tidak peduli agama atau etnisnya, dan kami mengutuk pembunuhan warga sipil Palestina dan Israel,” kata mereka.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *