Daftar Harta Kekayaan 5 Nama Dilirik Cawapres, Erick Thohir Terbanyak Disusul Airlangga Hartarto

Daftar Harta Kekayaan 5 Nama Dilirik Cawapres, Erick Thohir Terbanyak Disusul Airlangga Hartarto
Daftar Harta Kekayaan 5 Nama Dilirik Cawapres, Erick Thohir Terbanyak Disusul Airlangga Hartarto

Ligapdeia.news – Hingga Minggu (17/9) ini ada lima tokoh yang disebut-sebut sebagai kandidat bakal calon wakil presiden pada Pemilu 2024. Tribun telusuri kekayaan lima tokoh tersebut merujuk pada LHKPN.

Lima tokoh yang dimaksud adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Menteri BUMN Erick Thohir, Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto serta Menko Polhukam Mahfud MD.

Bacaan Lainnya

Dari kelima nama tersebut baru Cak Imin yang sudah mendeklarasikan sebagai bakal cawapres mendampingi bakal calon presiden Anies Baswedan.

Anies dan Cak Imin resmi mendeklarasikan sebagai pasangan capres-cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Deklarasi dilakukan Anies-Cak Imin di Hotel Yamato, Surabaya pada 2 September 2023 lalu.

Sementara, empat kandidat lainnya masih menjadi incaran bagi bakal capres PDIP Ganjar Pranowo dan dari Gerindra, Prabowo Subianto. Adapun dari lima tokoh yang disebutkan, Erick Thohir memiliki kekayaan tertinggi dibandingkan bakal cawapres lainnya.

Erick Thohir yang juga ketua umum PSSI, mempunya harta Rp 2,3 triliun. Disusul Airlangga Hartarto dengan kekayaan Rp 454 milar, kemudian Mahfud MD, Cak Imin dan Ridwan Kamil. Hal itu, diketahui berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Erick Thohir

Erick Thohir memiliki harta kekayaan sebesar Rp 2 triliun atau tepatnya Rp 2.303.835.823.202. Hal ini berdasarkan LHKPN yang dilaporkan Erick Thohir pada 31 Maret 2023. Aset terbesar Menteri BUMN itu adalah kepemilikan surat berharga yang biasanya meliputi saham atau cek.

Total aset yang dimiliki surat berharga yang dimiliki Erick Thohir sebesar Rp 1 triliun. Hartanya juga didominasi tanah dan bangunan yang dimiliki Erick itu sebesar Rp 400 miliar. Total aset kendaraan Erick Thohir sebanyak Rp 2 miliar yang terdiri dari satu motor dan tiga mobil mewah. Dikutip dari laman LHKP, Erick Thohir tercatat memiliki hutang sebanyak Rp 178 miliar.

Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto memiliki harta kekayaan sebesar Rp 454 miliar atau tepatnya Rp 454.390.229.404. Hal ini berdasarkan LHKPN yang dilaporkan Politisi Golkar itu pada 27 Maret 2023.

Berbeda dengan Erick, aset terbesar Airlangga Hartarto adalah kepemilikan kas dan setara kas sebesar Rp 336 miliar. Kedua, hartanya didominasi oleh kepemilikan tanah dan bangunan sebesar Rp 113 milar. Sementara total aset kendaraan Airlangga sebanyak 2,4 miliar yang terdiri dari lima mobil mewah.

Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.(Kanal Youtube Kemenko Polhukam RI) Mahfud MD memiliki harta kekayaan sebesar Rp 29,5 miliar atau tepatnya 29.546.144.117.
Hal ini berdasarkan LHKPN yang dilaporkan Mahfud MD pada 31 Maret 2023. Nominal paling banyak, berasal dari kategori kas dan setara kas dengan Rp 15,8 miliar.

Diikuti dengan tanah dan bangunan yang secara kumulatif jumlahnya sekitat Rp 12 miliar. Tercatat, Mahfud memiliki 15 aset berupa tanah dan bangunan di sejumlah tempat.

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin

Cak Imin memiliki harta kekayaan sebesar Rp 27,2 miliar atau tepatnya Rp 27.280.500.000. Hal ini berdasarkan LHKPN yang dilaporkan Cak Imin pada 31 Maret 2022. Aset terbesar Cak Imin adalah kepemilikan harta tidak bergerak tanah atau bangunan. Total tanah dan bangunan yang dimiliki politikus PKB itu sebesar Rp 24,7 miliar.

Sementara total aset kendaraan Cak Imin sebanyak Rp 259 juta yang terdiri dari satu motor Piaggio dan mobil Toyota Alphard. Dikutip dari laman LHKP, Cak Imin tercatat tidak memiliki hutang.

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil memiliki harta kekayaan sebesar Rp 21,8 miliar atau tepatnya Rp 21.829.518.930 Hal ini berdasarkan LHKPN yang dilaporkan Ridwan Kamil pada 31 Desember 2021.

Aset terbesar Politisi Golkar ini sama dengan Cak Imin, yakni adalah kepemilikan tanah dan bangunan yang mencapai Rp 19,4 miliar.

Sementara total aset kendaraan Ridwan Kamil sebanyak Rp. 509.000.000 yang terdiri dari empat motor dan satu mobil mewah. Dikutip dari laman LHKP, Erick Thohir tercatat memiliki hutang sebanyak Rp 3,9 miliar.

source :TRIBUNNEWS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *