Danau Toba Jadi Inspirasi Google Doodle 31 Agustus 2023, Destinasi Wisata Super Prioritas yang Masuk Daftar UNESCO Global Geopark

LIGAPEDIA.news – Google Doodle hari ini, Kamis (31/8/2023), merayakan Danau Toba yang menjadi danau kawah terbesar sekaligus yang terdalam di dunia. Terlebih, Danau Toba juga termasuk dalam daftar UNESCO Global Geopark yang pengumumannya disampaikan tepat pada tanggal yang sama, tiga tahun lalu.

Kawasan danau kebanggaan masyarakat Sumatera Utara itu sejak 15 Juli 2019 ditetapkan menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas. Banyak alasan mengapa Danau Toba menjadi aset pariwisata yang berharga bagi Indonesia.

Bacaan Lainnya

Danau tersebut terbentuk secara alami sebagai hasil erupsi gunung berapi yang dahsyat lebih dari 74 ribu tahun lalu. Erupsi tersebut menyebabkan dapur magma gunung berapi itu runtuh dan membentuk pulau yang kini dikenal sebagai Samosir.

Mengutip Google, dalam memperingati Danau Toba, tidak hanya keberadaan danau, pulau, dan pemandangan alamnya yang jadi fokus perhatian, tetapi juga penting untuk mengakui keberadaan masyarakat Batak Toba yang merupakan penduduk asli danau tersebut.

Desa-desa tradisional warga penuh dengan pasar lokal dan rumah-rumah menakjubkan yang menarik pengunjung yang penasaran dari berbagai penjuru. Di desa-desa, wisatawan biasa melihat tarian tradisional seperti Tor-Tor dan suvenir ukiran kayu asli.

Banyak wisatawan juga mengunjungi Danau Toba karena beragam aktivitas luar ruangan dan keajaiban alamnya yang menakjubkan. Salah satu hidden gem yang patut dikunjungi adalah Tuktuk Siadong, sebuah pulau kecil di tengah Danau Toba. Tempat ini menawarkan kombinasi lansekap indah, air jernih, dan pegunungan yang mempesona yang mengelilingi danau.

Pesona Tuktuk Siadong

Mengutip kanal Regional Liputan6.com, pemandangan matahari terbenam yang memukau menjadi daya tarik utama di tempat ini. Selain menikmati pemandangan indah, para wisatawan juga dapat menyewa perahu tradisional Batak untuk menjelajahi danau dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Mereka dapat berenang atau bermain air di perairan jernih.

Bagi yang menyukai petualangan, hiking ke bukit-bukit sekitar danau juga menjadi pilihan yang populer. Selain keindahan alamnya, spot indah ini juga memiliki keunikan budaya yang menarik.

Tuktuk Siadong merupakan salah satu kampung wisata Batak yang mempertahankan tradisi dan kebudayaan lokal. Pengunjung dapat mengunjungi rumah tradisional Batak, mengikuti pertunjukan tari dan musik tradisional, serta mencoba masakan khas Batak yang lezat.

Untuk mencapai spot tersebut, Anda dapat melalui perjalanan darat dari kota Medan ke Pelabuhan Parapat, dan kemudian menggunakan kapal feri untuk mencapai pulau Tuktuk Siadong. Terdapat juga penerbangan langsung ke Bandara Silangit yang terletak tidak jauh dari Danau Toba.

Sumber : liputan6.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *