Deret Hp dengan Radiasi Tinggi, Didominasi Xiaomi

Deret Hp dengan Radiasi Tinggi, Didominasi Xiaomi
Deret_Hp_dengan_Radiasi_Tinggi,_Didominasi_XiaomiDeret_Hp_dengan_Radiasi_Tinggi,_Didominasi_Xiaomi

LIGAPEDIA.news – Laporan terbaru mengungkap sejumlah Hp Xiaomi memiliki tingkat paparan radiasi yang tinggi. Berikut rinciannya.

Laporan dari Stocklytics mengungkap 4 dari 5 daftar teratas Hp dengan tingkat paparan radiasi yang tinggi merupakan produk Xiaomi. Sementara, satu lagi merupakan produk Samsung.

Read More

Lima daftar teratas itu yakni; Xiaomi Mi A1, Xiaomi Mi A1 LTE Dual Sim, Xiaomi Mi Max 3, Xiaomi Mi Mix 3 5G, Samsung Galaxy A23 5G.

Xiaomi Mi A1 tercatat memancarkan radiasi yang sangat tinggi. Radiasinya mencapai 1,75 W/kg yang bisa diserap telinga dan 0,76 W/kg bisa diserap tubuh, mengutip Gizchina.

Kemudian, tingkat radiasi Mi Max 3 mencapai 1,58 W/kg yang bisa diserap telinga dan 1,42 W/kg bisa diserap tubuh. Sementara, Mi Max 3 5G menyerap serupa pada telinga, tapi radiasi pada tubuh lebih tinggi lagi yaitu 1,56 W/kg.

Sedangkan, Samsung Galaxy A23 5G memiliki tingkat SAR mendekati 1,5 W/kg untuk telinga dan tubuh.

Bahkan ponsel lipat Galaxy Z Fold 4 dan Z Fold 5, menunjukkan tingkat radiasi yang mengkhawatirkan. Z Fold 4 mencapai 1,30 W/kg (telinga) dan 1,51 W/kg (tubuh). Dan Z Fold 5 mencapai 1,24 W/kg (telinga).

Kendati begitu, perlu dicatat bahwa daftar ponsel tersebut tidak mewakili nilai radiasi semua model smartphone, baik Xiaomi maupun Samsung. Pasalnya, laporan Stocklytics juga menyebut ada sejumlah ponsel kedua merek itu yang memiliki tingkat radiasi rendah.

Sementara itu, beberapa merek menawarkan model dengan keluaran radiasi yang terbukti lebih rendah. Misalnya, Google Pixel 3a dan 4a, dan seri iPhone 7 Apple semuanya berada dalam kisaran 1,36 W/kg hingga 1,39 W/kg (telinga).

Laporan ini juga menyoroti dampak potensial dari teknologi 5G. Dengan rentang frekuensi yang lebih luas, 5G menimbulkan kekhawatiran tentang potensi emisi radiasi yang lebih tinggi dari smartphone.

Hal ini menggarisbawahi pentingnya produsen memprioritaskan praktik desain yang aman saat 5G semakin meluas.

Laporan Stocklytics menimbulkan kekhawatiran yang valid. Namun, penting diingat bahwa badan pengatur menetapkan batas SAR karena suatu alasan.

Batas-batas ini ditetapkan untuk memastikan ponsel tidak memancarkan radiasi pada tingkat yang berbahaya.

Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia Rendy Tonggo merespons laporan tersebut. Menurut empat ponsel yang masuk dalam daftar itu tidak diluncurkan di Indonesia.

“Me-reffered ke artikel tersebut, empat Hp Xiaomi yang ditulis tidak diluncurkan di Indonesia sih kebetulan,” kata Rendy.

Menurut Rendy produk-produk Xiaomi yang meluncur di Indonesia telah melewati sejumlah riset. Selain itu pihaknya juga melihat kelayakan kegunaan smartphone pada pengguna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *