Google Bakal Hapus Riwayat Lokasi Pengguna Secara Permanen

Google Bakal Hapus Riwayat Lokasi Pengguna Secara Permanen
Google_Bakal_Hapus_Riwayat_Lokasi_Pengguna_Secara_Permanen

LIGAPEDIA.news – Google mengatakan akan menghapus semua lokasi-lokasi yang pernah dikunjungi penggunanya.

Hal ini sebagai komitmen mereka untuk mengurangi jumlah data pribadi yang mereka simpan tentang pengguna sejak setahun lalu.

Read More

Fitur timeline Google yang sebelumnya dikenal sebagai Riwayat Lokasi akan tetap berfungsi bagi pengguna yang memilih untuk menggunakannya, memungkinkan mereka untuk menelusuri kembali riwayat perjalanan selama puluhan tahun untuk memeriksa di mana mereka berada pada waktu tertentu.

Tetapi semua data yang diperlukan untuk membuat fitur ini berfungsi akan disimpan secara lokal, di ponsel atau tablet mereka sendiri, tanpa ada satupun yang disimpan di server perusahaan.

Melansir dari The Guardian, dalam sebuah email yang dikirim Google kepada pengguna Maps, Google mengatakan bahwa mereka memiliki waktu hingga 1 Desember untuk menyimpan semua perjalanan lama mereka sebelum dihapus selamanya.

Pengguna masih dapat mencadangkan data mereka jika mereka khawatir akan kehilangan data atau ingin menyinkronkannya di seluruh perangkat, namun hal itu tidak akan terjadi lagi secara default.

Google juga mengurangi jumlah waktu default untuk menyimpan riwayat lokasi. Sekarang, aplikasi ini akan mulai menghapus lokasi-lokasi yang lalu setelah hanya tiga bulan, turun dari standar sebelumnya yaitu satu setengah tahun.

Dalam sebuah posting blog yang mengumumkan perubahan tersebut, Google tidak menyebutkan alasan khusus untuk pembaruan ini, selain menyarankan bahwa pengguna mungkin ingin menghapus informasi dari riwayat lokasi mereka.

“Informasi lokasi Anda bersifat pribadi. Kami berkomitmen untuk menjaganya tetap aman, pribadi, dan dalam kendali Anda. Ingat: Google Maps tidak pernah menjual data Anda kepada siapa pun, termasuk pengiklan,” kata Google

Namun Google telah mendapat tekanan yang semakin meningkat untuk membantu pengguna menjaga privasi lokasi mereka dalam menghadapi upaya penegakan hukum yang agresif untuk mempersenjatai informasi yang tersimpan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *