Berita Populer

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-25, Simak Kisah di Balik Google

Ligapedia.new – Membuka laman pencarian Google hari ini, Rabu (27/9/2023) kamu akan melihat doodle tulisan google tampil berbeda. Ternyata, Google tengah merayakan ulang tahun ke-25 Google!
Huruf g, o, o, g, l dan e yang menyusun google secara ritmis bergerak berganti-ganti desain hurufnya hingga kemudian muncul tulisan g25gle yang menandai usia raksasa pencarian itu. Desain yang berganti-ganti itu adalah logo desain Google sebelumnya.

Jika kamu klik di bagian logo, maka kamu akan masuk ke halaman spesial ulang tahun Google ke 25 tahun disertai dengan taburan berwarna-warni menghiasi halaman.

“Doodle hari ini menandai ulang tahun Google yang ke-25. Terima kasih telah mencari bersama kami selama bertahun-tahun,” demikian tulis Google sebagai kalimat penyambut di halaman spesialnya.

Dalam pernyataan resminya, Google menyebutkan bahwa momen ulang tahun ini menjadi waktu bagi Google untuk merenung. Melihat bagaimana mereka bisa tumbuh hingga menjadi seperti saat ini selama 25 tahun.

Mereka pun membagikan sedikit kisah di balik berdirinya Google.

Simak tulisan Google untuk penggunanya berikut ini:

“Doodle hari ini merayakan tahun ke-25 Google. Meskipun kami di Google berorientasi pada masa depan, ulang tahun juga bisa menjadi waktu untuk merenung. Mari kita menelusuri jalan kenangan untuk mengetahui bagaimana kita dilahirkan 25 tahun yang lalu…

Karena takdir atau keberuntungan, mahasiswa doktoral Sergey Brin dan Larry Page bertemu di program ilmu komputer Universitas Stanford pada akhir tahun 90an. Mereka segera menyadari bahwa mereka memiliki visi yang sama: menjadikan World Wide Web sebagai tempat yang lebih mudah diakses. Pasangan ini bekerja tanpa kenal lelah dari kamar asrama mereka untuk mengembangkan prototipe mesin pencari yang lebih baik. Ketika mereka mencapai kemajuan berarti dalam proyek tersebut, mereka memindahkan operasinya ke kantor pertama Google – sebuah garasi sewaan. Pada tanggal 27 September 1998, Google Inc. resmi lahir.

Banyak yang telah berubah sejak tahun 1998 – termasuk logo kami seperti yang terlihat pada Doodle hari ini – namun misinya tetap sama: mengatur informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berguna secara universal. Miliaran orang dari seluruh dunia menggunakan Google untuk menelusuri, terhubung, bekerja, bermain, dan masih banyak lagi!

Terima kasih telah berkembang bersama kami selama 25 tahun terakhir. Kami tidak sabar untuk melihat ke mana masa depan membawa kami bersama-sama.”

Mungkin belum banyak yang tahu jika nama Google tercetus dari sebuah ketidaksengajaan. Awalnya mesin pencarian ini bernama “Googol” yakni istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti 100 angka nol di belakangnya. Maksudnya Googol ingin menjadi tempat pencarian tak terbatas di dunia maya.

Namun entah bagaimana terjadi kesalahan mengeja oleh para investor sehingga Googol menjadi Google. Kemudian nama Google pun banyak dituliskan dalam cek dan berbagai dokumen oleh para investor.

Itulah alasan kemudian Larry Page dan Sergey Brin akhirnya menggunakan nama “Google”. Mesin pencarian raksasa ini begitu populer dimana 94 persen pengguna internet menggunakan Google untuk mencari informasi.

 

source : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *