Olahraga

Hari Olahraga Nasional 9 September 2023: Sejarah, Tujuan, Tema, Logo

Ligapedia.news – Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Tahun ini, Hari Olahraga Nasional ke-40 diperingati pada Sabtu (9/9/2023).
Hari Olahraga Nasional ke-40 mengusung tema “Gelanggang Semangat Pemenang” yang mencerminkan semangat kompetitif dan tekad kuat dalam meraih kemenangan. Haornas merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah dalam pentingnya pendidikan olahraga.

Lantas, bagaimana sejarah dan tujuan Hari Olahraga Nasional? Simak penjelasan selengkapnya!
Sejarah Hari Olahraga Nasional
Hari Olahraga Nasional berawal dari pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama di Surakarta pada 9-12 September 1948. Kegiatan tersebut melibatkan atlet Indonesia yang gagal berlaga di kancah internasional, tepatnya pada Olimpiade Musim Panas XIV di London, Inggris.

Kegagalan tersebut terjadi lantaran Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) belum diakui sebagai anggota Internasional Olympic Committee (IOC). Selain itu, kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia yang belum diperoleh secara sepenuhnya turut menjadi penghalang. Sebab, delegasi Indonesia tidak dapat berangkat karena paspor yang belum diakui oleh pemerintah Inggris.

Peristiwa tersebut akhirnya menjadi topik pembahasan dalam konferensi darurat PORI pada Mei 1948. Puncaknya, Presiden Soekarno meresmikan Pekan Olahraga Nasional yang pertama pada 9 September 1948. Pada 1983, Presiden Soeharto menetapkan 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional.

Tujuan Hari Olahraga Nasional
Hari Olahraga Nasional ke-40 tahun 2023 menjadi momen yang spesial untuk merayakan semangat persatuan, kesehatan, dan prestasi olahraga Indonesia. Semangat Haornas diharapkan menjadi pemantik untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih sehat dan gemilang.

Tema dan Logo Hari Olahraga Nasional 2023

Hari Olahraga Nasional 2023 mengusung tema “Gelanggang Semangat Pemenang” dengan tujuan untuk mencerminkan semangat kompetitif dan tekad yang kuat dalam meraih kemenangan.

Kemenpora juga merilis logo Hari Olahraga Nasional 2023 menggunakan berbagai elemen dengan perpaduan warna merah, kuning, hijau dan biru. Adapun, makna logo Haornas atau Hari Olahraga Nasional 2023 sebagai berikut:

  • Elemen logo yang merupakan bentuk sederhana dari beberapa cabang olahraga yang dikomposisikan melingkar, dengan filosofi tentang selebrasi keberagaman dunia olahraga Indonesia yang bertujuan untuk menggapai prestasi tertinggi.
  • Warna merah menggambarkan semangat, energi, emosi dan totalitas yang membawa para atlet untuk jadi juara.
  • Warna biru merupakan warna yang menunjukkan kesan psikologis seperti loyalitas, kepercayaan, kekuatan dan profesionalisme, segala hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang atlit yang berprestasi.
  • Warna hijau melambangkan kekayaan semangat yang dimiliki oleh para atlet. Warna hijau juga melambangkan olahraga sebagai jalan untuk dekat dengan alam.
  • Warna kuning melambangkan terang, semangat dan merupakan warna yang membawa kesan psikologi bahagia, kehangatan dan optimis. Penggunaan warna kuning juga mewakili selebrasi kemajuan olahraga Indonesia

sumber : DETIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *