Indonesia Open Aquatic Championship Jadi Ajang Kualifikasi PON 2024

Indonesia Open Aquatic Championship Jadi Ajang Kualifikasi PON 2024
Indonesia Open Aquatic Championship Jadi Ajang Kualifikasi PON 2024

LIGAPEDIA.news – Indonesia Open Aquatic Championship 2023 resmi dibuka. Ini sekaligus jadi ajang Kualifikasi PON 2024.

Ajang level Kejuaraan Nasional ini diikuti 951 atlet dari 191 klub Akuatik se-Indonesia. Venue-nya adalah Stadion Akuatik Gelora Bung Karno pada tanggal 12-20 Desember.

IOAC 2023 juga dijadikan Akuatik Indonesia sebagai Kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumatera Utara. Ada kuota 118 atlet di 30 nomor, terdiri dari 90 atlet putra dan putri ditambah 14 atlet Aceh serta 14 atlet Sumut.

Ada lima cabor akuatik yang dipertandingkan, yakni renang 12-15 Desember, polo air 12-16 Desember, loncat indah 17-20 Desember, renang artistik 17-20 Desember, dan renang master 16 Desember.

“Ini ajang yang luar biasa, diikuti banyak atlet yang berjuang menembus babak kualifikasi PON. Kita persiapkan babak kualifikasi PON dengan bagus dan maksimal. Semoga penyelenggaraan PON di 2024 bisa lebih berhasil. Artinya kita harus sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan juga tidak lepas sukses administrasi. Itu yang terpenting,” ujar Asisten Deputi Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora Mohammad Aziz Ariyanto.

Waketum Akuatik Indonesia, Harlin Rahardjo, menyebut bakal ada sejumlah diaspora Indonesia yang turun di ajang ini, dari Amerika Serikat hingga Jerman. “Ajang IOAC ini sebagai persiapan atlet untuk menembus limit waktu Olimpiade,” paparnya.

Renang Artistik diikuti 116 peserta dari 17 tim baik klub ataupun Pengprov, yang melombakan tiga nomor yakni solo, duet dan tim. Kuota yang diperebutkan 42 atlet ditambah 8 Aceh dan 8 Sumatera Utara.

Untuk loncat indah diikuti 99 peserta dari 12 perkumpulan atau Pengprov. Yang berhak mengikuti PON 2024 adalah 36 atlet ditambah 6 atlet Aceh dan 6 atlet Sumut.

Khusus cabang polo air yang diikuti 122 atlet tidak menggelar babak kualifikasi, karena sudah terlaksana pada Festival Akuatik Indonesia Juni lalu. Lima besar yang lolos PON 2024 untuk putra adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jambi, Sumsel dan Papua Tengah.

Untuk kategori putri adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Timur.

Pada IOAC 2023, polo air akan mempertandingkan kategori U-18 tahun yang dikuti DKI Jakarta A dan B, Jawa Timur, JSC Jambi, dan BSB Jabar. Sedangkan untuk kategori senior polo air mini diikuti DKI Jakarta, BSB Jabar, Pari Sakti, dan Yogyakarta.

Sebelum lomba, panitia juga menggelar sosialisasi medis, nutrisi serta anti doping, Selasa (5/12/2023). Ada juga Sertifikasi Kepelatihan Pelatih Renang Kategori A Nasional di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, 15-19 Desember, yang diisi oleh Frank Busch dan Russel Mark.

IOAC kali ini juga didukung Bank BTN, Mayapada Hospital, Danone-Aqua, ISG, GBK dan Kemenpora.

Sumber : sport.detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *