Ini Isi ‘Kotak Harta Karun’ Luar Angkasa Milik NASA yang Pulang ke Bumi

Ini Isi 'Kotak Harta Karun' Luar Angkasa Milik NASA yang Pulang ke Bumi
Ini Isi 'Kotak Harta Karun' Luar Angkasa Milik NASA yang Pulang ke Bumi

LIGAPEDIA.news – NASA akhirnya membuka ‘kotak harta karun’ luar angkasa mereka yang pulang ke Bumi akhir September lalu. Ini merupakan kapsul asteroid yang bernama ORISIS-REx.

Dilansir dari laman resmi NASA, Kamis (12/10/2023), kapsul tersebut berisi bebatuan dan debu yang mendung air serta karbon dalam jumlah besar. Menurut ilmuwan proyek OSIRIS-REx, ini merupakan konsentrasi karbon tertinggi yang pernah dipelajari di asteroid.

Read More

“[Ini] Jauh melebihi target kami yaitu 60 gram, ini adalah sampel asteroid dengan karbon terbesar yang pernah kembali ke Bumi,” kata Nelson.

“Molekul karbon dan air adalah jenis material yang ingin kami temukan. Mereka adalah elemen penting dalam pembentukan planet kita. Dan mereka akan membantu kita menentukan asal usul unsur-unsur yang mungkin menyebabkan kehidupan.” sambungnya.

Selama dua minggu terakhir, tim sains NASA menganalisis beberapa batuan dan debu menggunakan mikroskop elektron, Mereka melakukan pengukuran inframerah, dan melakukan analisis unsur kimia.

Ini Isi 'Kotak Harta Karun' Luar Angkasa Milik NASA yang Pulang ke Bumi
Ini Isi ‘Kotak Harta Karun’ Luar Angkasa Milik NASA yang Pulang ke Bumi

Mereka juga menggunakan sinar-X untuk membuat model 3D dari salah satu partikel untuk mengungkap komposisinya. “Harta karun” ilmiah tersebut yang berupa kandungan karbon dan air.

“Analisis pertama menunjukkan sampel mengandung banyak air dalam bentuk mineral tanah liat terhidrasi, dan mengandung karbon baik sebagai mineral maupun molekul organik,” kata Nelson.

Tim juga membagikan gambar detail dari partikel yang mengungkap mineral tanah liat yang mengandung air pada Rabu (11/10/2023) waktu setempat. Nantinya sampel asteroid Bennu itu akan diarsipkan dan dibagikan kepada para peneliti di seluruh dunia.

Misi untuk mempelajari astorid Bennu sendiri masih akan terus berlanjut. NASA menyebut harta karun antariska itu baru akan menjadi awal karena dalam beberapa minggu ke depan mereka akan meluncurkan pesawat lain untuk mengincar asteroid lain yang terbuat dari logam yang bernama Psyche.

Sumber : techno.okezone.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *