Jangan Biarkan Cemburu Berlebihan Rusak Hubungan

Jangan Biarkan Cemburu Berlebihan Rusak Hubungan
Jangan_Biarkan_Cemburu_Berlebihan_Rusak_Hubungan

LIGAPEDIA.news – Rasa cemburu bisa saja muncul dalam sebuah hubungan. Namun hati-hati, jangan sampai rasa cemburu berubah menjadi toxic.

Alasannya karena cemburu yang berlebihan bisa mengancam kelangsungan hubungan. Kamu tentu tidak ingin pasangan merasa tidak nyaman hingga terkekang, apalagi sampai mengganggu kesehatan hubungan.

Bacaan Lainnya

1. Bangun Kepercayaan

Mengutip Very Well Mind, ‘tameng’ utama untuk mencegah kecemburuan yaitu dengan membangun hubungan yang dilandasi kepercayaan. Proses ini diawali dengan kedua pasangan yang saling setia, berkomitmen, dan jujur. Dengan kepercayaan yang kuat antar pasangan, akan menekan timbulnya rasa cemburu.

2. Akui dan Sampaikan Rasa Cemburu

Cemburu itu manusiawi. Karena itu, kamu nggak perlu takut mengakui kalau sedang cemburu. Justru sebaliknya, ketika perasaan cemburu datang usahakan sampaikan hal tersebut kepada pasangan. Belajar untuk jujur tentang perasaan yang membuat kamu tidak nyaman dengan menciptakan batasan untuk diri sendiri dan hubungan.

3. Belajar Menahan Diri

Jika cemburu mulai datang, coba untuk tarik napas dan ambil waktu untuk menenangkan diri. Alasannya, emosi cenderung akan meningkat ketika sedang cemburu. Namun perlu diingat peningkatan emosi tersebut sifatnya hanya sementara. Jangan sampai emosi sesaat ini justru menimbulkan konsekuensi jangka panjang, yang bisa saja merugikan hubungan kamu dan pasangan.

4. Buat Jurnal Hubungan

Cara lainnya untuk mengatasi kecemburuan yang berlebihan yaitu dengan membuat jurnal hubungan. Melalui jurnal ini, kamu bisa menuangkan segala macam perasaan dan emosi yang muncul di setiap perjalanan cintamu dan si dia.

Selain itu kamu juga harus mulai berani menyampaikan dan mengkomunikasikan rasa cemburu ke pasangan. Nggak salah kok ketika kamu menunjukkan sisi ‘rentan’ atau ‘vulnerable’ ke orang yang dicintai. Justru di situlah arti hubungan yang sebenarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *