Jangan Konsumsi Roti Sourdough Jika Sedang Minum Obat Ini

Jangan_Konsumsi_Roti_Sourdough_Jika_Sedang_Minum_Obat_Ini

Ligapedia.news – Roti ini terbuat dari biang ragi alami yang diklaim lebih sehat, sehingga banyak orang yang memilih roti ini sebagai bagian dari diet harian.

Meskipun roti sourdough dikenal karena memiliki manfaat untuk kesehatan, tapi bagi sebagain orang, mengonsumsi roti sourdough bisa berbahaya. Dikutip dari Health Digest, para ahli dari Mayo Clinic memperingatkan orang-orang yang mengonsumsi MAOI atau monoamine oxidase inhibitors, sebaiknya menghindari jenis roti ini.

Bacaan Lainnya

Sebab, roti sourdough, sama seperti makanan fermentasi lainnya, mengandung tiramin yang tinggi. Proses fermentasi yang digunakan untuk membuat sourdough meningkatkan kadar tiramin dalam roti.

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, tiramin adalah asam amino yang berasal dari tirosin yang bisa ditemukan secara alami pada makanan yang mengandung protein serta di tubuh manusia. Zat ini mulai dicurigai sebagai pemicu migrain pada tahun 1960-an.

Sebenarnya, tubuh memiliki enzim monoamin oksidase yang berperan dalam menghancurkan tiramin. Namun, konsumsi obat-obatan tertentu atau makanan tinggi tiramin secara berlebihan, bisa mengganggu kerja enzim tersebut sehingga kadar tiramin dalam tubuh pun meningkat.

Kadar tiramin yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan risiko terjadinya migrain, hipertensi, dan penyakit jantung. Hal ini karena tiramin dapat memicu produksi hormon epinefrin di dalam tubuh, sehingga detak jantung dan tekanan darah meningkat.

Tiramin sendiri adalah zat kimia yang bisa memicu migrain. Penelitian terbaru pada 2010 juga menguatkan hasil temuan para ahli ini. Oleh karena itu, muncul pola makan rendah tiramin yang ditujukan bagi orang-orang dengan migrain atau sensitif terhadap zat asam amino ini.

Nah, bagi kamu yang ingin mengubah pola makan atau mengonsumsi sourdough secara teratur, lebih baik konsultasi dengan profesional, ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *