Jelang Rilis Album, Lagu Taylor Swift Muncul Lagi di TikTok

Jelang Rilis Album, Lagu Taylor Swift Muncul Lagi di TikTok
Jelang Rilis Album, Lagu Taylor Swift Muncul Lagi di TikTok

LIGAPEDIA.news – Lagu penyanyi asal Amerika Serikat, Taylor Swift kembali muncul di TikTok, di tengah perselisihan dengan Universal Music Group (UMG) terkait royalty. Tersedianya kembali lagu-lagu itu juga terjadi jelang Taylor Swift comeback dan merilis album terbarunya, The Tortured Poets Department pada pekan depan.

Seperti diketahui, UMG resmi menarik seluruh musik resmi musisi yang mereka naungi dari platform TikTok per 1 Februari 2024 waktu Amerika Serikat, menyusul permasalahan royalti.

Bacaan Lainnya

Dengan begitu, musik resmi dari Taylor Swift, Sting, The Weeknd, SZA, Drake, Billie Eilish, U2, Ariana Grande, Justin Bieber, Coldplay, dan Bad Bunny kini tak ada lagi dari TikTok.

Penurunan lagu ini datang setelah Universal Music Group memberikan pernyataan terbuka mengancam akan menarik hak lagu mereka setelah gagal bernegosiasi akan perpanjangan kontrak dengan TikTok.

Dalam pernyataan disebutkan bahwa perjanjian lisensinya dengan platform tersebut telah berakhir.

UMG menjelaskan perjanjian dengan TikTok itu berakhir pada 31 Januari 2024. Kedua pihak lantas gagal mencapai perjanjian baru karena masalah royalti, kompensasi artis, hingga isu artificial intelligence (AI).

Akibatnya, musik dari artis-artis Universal dihapus dari semua platform TikTok. Pengguna hanya diinformasikan bahwa musik tersebut dihapus karena pelanggaran hak cipta.

TikTok pun memberikan tanggapan atas sikap UMG. Platform itu menyatakan kesedihan dan rasa kecewa terhadap keputusan Universal Music Group.

Platform tersebut lantas menuding UMG telah mengutamakan keserakahan mereka di atas kepentingan musisi dan para penulis lagu yang dinaungi.

“TikTok telah mampu mencapai kesepakatan yang mengutamakan artis dengan label dan penerbit lainnya,” tulis pernyataan resmi TikTok, Jumat, (12/4/2024).

Sejauh ini belum ada tanggapan resmi dari TikTok atau UMG terkait kembalinya lagu-lagu Taylor Swift ke platform tersebut. Namun, rencana perilisan album baru sang musisi telah diumumkan Februari 2024 saat mendapatkan Piala Grammy ke-13.

The Tortured Poets Department akan menjadi album penuh ke-11 Taylor Swift yang dijadwalkan rilis 19 April.

Sumber : CNBCIndonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *