Politik

Jokowi Akan Hadiri KTT G20 di India pada 9-10 September

LIGAPEDIA.news – KTT G20 akan digelar di India pada 9-10 September 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri forum multilateral yang berfokus pada isu-isu keuangan dan nonkeuangan itu.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan Jokowi akan bertolak dari Indonesia ke India pada 8 September sore. Jokowi disebutnya akan tiba di India pada hari yang sama.

“Tanggal 8 sore, sampai sana tanggal 8 malam,” kata Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Retno mengatakan Jokowi akan berada di India hingga tanggal 10 September. Dari India, Jokowi kemudian pulang ke Tanah Air.

“Sampai sana main di 9, 10 kembali, karena kan 1,5 hari, G20 itu rumusnya 1 hari full, setengah hari,” tuturnya.

Sebagai informasi, India memegang Presidensi G20 tahun ini setelah pada tahun sebelumnya dipegang Indonesia. G20 merupakan forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Anggota G20 terdiri atas Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

Sumber : news.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *