Kenali, Tanda-tanda Kamu Sedang Insecure dalam Hubungan

Tanda-tanda_Kamu_Sedang_Insecure_dalam_Hubungan

LIGAPEDIA.news – Berada dalam sebuah hubungan dapat memberikan perasaan kebahagiaan, cinta, dan sukacita. Namun, tidak ada hubungan yang sempurna.

Kadang kamu mungkin menghadapi perasaan kurang menyenangkan, seperti cemas, dan insecure. Jika kamu terlalu meminta kepastian dari pasangan atau bahkan terlalu sering memeriksa Instagram mantan, mungkin itu menunjukkan bahwa kamu sedang insecure dalam hubungan.

Bacaan Lainnya

Menurut Marisa T. Cohen, terapis dan peneliti hubungan, insecure ini mungkin berarti kamu kurang yakin pada diri sendiri, dan kurangnya kepercayaan yang mendasar.

Namun, perasaan insecure tidak selalu berhubungan langsung dengan hubungan itu sendiri.

Rachel Wright, seorang psikoterapis, mengatakan mungkin ada faktor yang lebih luas dalam kehidupan yang membuat kamu merasa tidak percaya diri.

Namun, perasaan ini adalah hal yang umum terjadi. Terkadang, perasaan ini dapat memudar seiring berjalannya waktu. Berikut ini adalah tanda-tanda kamu sedang insecure dalam hubungan.

Meminta banyak kepastian

Mungkin sering kali kamu ingin tahu tentang perasaan dan status hubungan kamu dengan pasangan.

Pertanyaan-pertanyaan seperti, “Apakah semuanya baik-baik saja antara kita?” atau “Apa yang ada di pikiranmu tentang kita?” sering kali muncul.

Jika kamu merasa tidak ada jawaban atau tindakan dari pasangan yang dapat membuat kamu merasa yakin, kemungkinan besar kamu akan merasa cemas.

Menurut Cohen, pola perilaku ini sebenarnya dapat memperburuk kecemasan, karena terus-menerus mencari kepastian tanpa rasa puas.

Rachel Wright menambahkan perilaku seperti itu dapat disebut sebagai “kekhawatiran berlebihan pasangan kamu akan meninggalkan kamu.”

Kamu mungkin merasa pola ini muncul tidak hanya dalam hubungan romantis saat ini, tetapi juga dalam hubungan kamu di masa lalu atau bahkan dalam pertemanan.

Jika demikian, ini mungkin merupakan tanda kamu mengalami kecemasan, atau mungkin ada trauma dan pengkhianatan di masa lalu.

Overthinking

Rasa insecure dapat menyebabkan kamu melihat masalah, yang sebenarnya tidak ada.

Kamu mungkin akan berpikir negatif jika pasangan tidak segera membalas pesan, meskipun ada alasan yang masuk akal.

Contohnya, jika pasangan tidak segera membalas pesan, mungkin karena alasan seperti urusan pekerjaan atau pertemuan mendadak.

Tapi karena rasa insecure terhadap hubungan itu sendiri, kamu cenderung berpikir negatif, seperti “dia tidak peduli dengan aku” atau “dia tidak ingin bersama aku.”

Masih mengikuti aktivitas mantan di media sosial

Selain itu, rasa insecure juga dapat memicu perilaku penguntitan mantan di media sosial. Bila kamu mulai membandingkan hubungan kamu yang sekarang dengan hubungan bersama mantan, kamu hanya akan meningkatkan perasaan insecure.

Tak hanya itu, jika teman kamu mengumumkan pertunangan setelah setahun berpacaran, kamu mulai merasa tertinggal. Kamu menganggap pencapaian dia sebagai tanda negatif terhadap hubunganmu. Itu juga bisa berarti kamu sedang insecure dengan hubungan kamu.

Menciptakan jarak dengan pasangan

Kadang, orang berpikir kalau terlalu melekat atau bergantung menandakan kamu insecure.

Tapi sebenarnya, menjauh atau menjaga jarak dengan pasangan kamu juga bisa menandakan insecure terhadap hubungan.

Kamu mungkin menjaga jarak dengan pasangan untuk melindungi diri. Kamu berpikir mungkin, dengan jarak, pasangan tak bisa menyakiti.

Namun, hal ini sebenarnya dapat memicu rasa insecure yang lebih dalam.

Kehilangan identitas

Kamu mungkin menyadari bahwa kamu tidak mengekspresikan pendapat atau minat dengan tegas dalam hubungan. Ini bisa menunjukkan bahwa kamu merasa tidak yakin atau insecure dalam hubungan.

Sumber : lifestyle.kompas.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *