Berita UnggulanPolitik

Kim Jong Un Pergi ke Rusia Naik Kereta Mewah Berlapis Baja

LIGAPEDIA.news – Laporan utama kami hadirkan dari Korea Utara.

Pergi ke Rusia Naik kereta api mewah

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pergi ke Rusia menggunakan kereta api mewah berlapis baja, yang juga sudah lama menjadi bagian dari tradisi dinasti Korea Utara.

Media pemerintah KCNA melaporkan Kim berangkat dari Pyongyang, Minggu sore, menuju Rusia menggunakan kereta pribadinya.

Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah menggambarkan penjaga dan anggota militer, serta kerumunan orang melambaikan bunga dan bendera saat Kim menaiki kereta berwarna hijau tua.

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan keduanya kemungkinan akan membahas penjualan senjata untuk mengisi kembali cadangan senjata Rusia yang terkuras akibat perang dengan Ukraina.

Selain kereta lapis baja mewah, Kim Jong Un juga dikabarkan punya jet pribadi, mobil mewah hingga kapal pesiar (Yacht) untuk bepergian.

Kim Jon Un pernah terlihat menggunakan transportasi mewah yang sangat kontras dengan kemiskinan masyarakat Korea Utara. Pada Mei 2018, Kim Jong Un melakukan penerbangan internasional pertamanya sejak mengambil alih kekuasaan.

Dia terbang ke kota Dalian di China untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping. Laporan media menunjukkan dia menggunakan jet pribadinya untuk melakukan perjalanan dari Korea Utara.

Pesawat yang menerbangkannya ke China merupakan pesawat jarak jauh buatan Soviet, Ilyushin-62 (Il-62). Pengamat Korea Utara di situs NK News mengatakan penduduk setempat menyebutnya ‘Chammae-1’ yang diambil dari nama burung goshawk, burung nasional negara tersebut.

Bagian luar pesawat itu berwarna putih dan dihiasi nama resmi Korea Utara dalam bahasa Korea di kedua sisinya. Ada juga gambar bendera Korea Utara di sebelah teks tersebut.

Sementara, bagian ekornya menampilkan bintang merah di dalam lingkaran merah dan biru. Pesawat tersebut dikabarkan memiliki interior modern dan Kim kadang-kadang difoto saat sedang bekerja dan mengadakan pertemuan di dalam pesawat.

Chammae-1 menjadi berita utama ketika membawa delegasi tingkat tinggi Olimpiade Pyongyang, termasuk saudara perempuan Kim, Kim Yo Jong, ke Korea Selatan pada tahun 2018. Kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan bahwa penerbangan tersebut menggunakan nomor identifikasi ‘PRK-615’, kemungkinan merupakan referensi simbolis pada Deklarasi Bersama Utara-Selatan tanggal 15 Juni yang ditandatangani pada tahun 2000 oleh kedua negara.

Kim juga terlihat menggunakan pesawat Ukraina Antonov-148 (AN-148), yang menampilkan logo maskapai penerbangan negara Air Koryo, dalam film dokumenter tahun 2014 yang ditayangkan oleh Korean Central Television milik negara.

Pada tahun 2015, media pemerintah Korea Utara bahkan memuat rekaman Kim Jong Un yang mengemudikan pesawat ringan buatan dalam negeri dan duduk mengendalikan biplan militer AN-2.

Sedan Mewah

Pada bulan Maret 2018, Kim Jon Un melakukan perjalanan ke ibu kota China, Beijing, dengan menggunakan Mercedes-Benz S-Class pribadinya. Mobil itu digunakan Kim Jong Un saat melakukan perjalanan di dalam kota.

Menurut harian Korea Selatan JoongAng Ilbo, mobil tersebut diangkut secara khusus di dalam kereta yang membawa Kim dari Korut ke China. Mobil tersebut, yang diproduksi pada tahun 2010, diperkirakan berharga sekitar 2 miliar won Korea atau USD 1,8 juta.

Sumber : news.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *