Berita TerbaruOlahraga

Klasemen Sementara Perolehan Medali Indonesia di Asian Games

LIGAPEDIA.news – Asian Games 2023 resmi dibuka pada Sabtu 23 September 2023. Perebutan medali Indonesia pun telah dimulai sejak 24 September 2023. Pada hari pertama perebutan medali, Indonesia sudah merebut total empat medali hingga Minggu siang pukul 12.00 WIB.

Medali pertama Indonesia di Asian Games Hangzhou diraih dari cabang olahraga rowing atau dayung. Pasangan Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri finis ketiga di kelas Women’s Lightweight Double Sculls.

Dayung juga mendapatkan dua medali perunggu lainnya. Di sektor pura Double Sculls, Ihram dan Memo juga mampu menyumbangkan medali perunggu.

Satu perunggu lain dari rowing direbut beregu delapan putra yang diperkuat Rifqi Harits Taufiqurahman, Kakan Kusmana, Sulpianto, Rendi Setia Maulana, Asuhan Pattiha, Ferdiansyah, Denri Maulidzar Alghiffari, Ardi Isadi dan Ujang Hasbulloh.

Sementara itu medali perak didapat oleh cabang olahraga wushu melalui Edgar Xavier Marvello. Edgard yag baru sembuh dari operasi menjadi juara dua di XSG Sport Center.

Edgar hanya kalah dari wakil wakil tuan rumah China Sun Peiyuan yang meraih skor 9,840. Urutan ketika direbut wakil Macau, Song Chi Kuan dengan skor 9,760. Edgar sendiri mendapat skor 9,786 dari juri.

Lanjut Ngatino, pada penampilan di Asian Games 2022 Hangzhou kali ini Edgar tidak hanya berjuang melawan musuh-musuhnya di arena pertandingan. Tapi Edgar yang merupakan peraih medali perak di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu juga berjuang melawan kondisi kesehatannya sendiri.

Ngatino optimis, wushu masih akan membuka peluang untuk menambah pundi-pundi medali buat Tim Indonesia.

Target Indonesia di Asian Games Hangzhou

Kontingen Indonesia menggirimkan total 413 atlet ke Hangzhou, China. Target kali ini jauh lebih rendah ketimbang Asian Games 2018. Kali ini Indonesia mematok masuk 12 besar di klasemen medali. 12 medali emas dibidik kontingen Indonesia di Hangzhou.

Dari 413 atlet yang diberangkatkan di China, Indonesia total mengikuti 30 cabang olahraga. Kontingen Indonesia di Hangzhou dipimpin oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai CdM tim Indonesia.

Sumber : www.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *