Konsol Gaming Handheld Asus ROG Ally X Diumumkan, Hardware Bakal Naik Kelas

Konsol Gaming Handheld Asus ROG Ally X Diumumkan, Hardware Bakal Naik Kelas
Konsol_Gaming_Handheld_Asus_ROG_Ally_X_Diumumkan,_Hardware_Bakal_Naik_Kelas

LIGAPEDIA.news – Asus resmi mengumumkan model terbaru dari konsol gaming handheld mereka dari keluarga ROG Ally Series.

Jika perangkat terdahulu bernama ROG Ally, maka versi teranyar kali ini memiliki nama ROG Ally X.

Perangkat ini sebenarnya memiliki tampilan dan desain yang nyaris serupa dengan model tertinggi ROG Ally yang ditenagai dengan chipset AMD Z1 Extreme.

Hanya saja, Asus melakukan sejumlah peningkatan pada beberapa komponen hardware di perangkat tersebut. Asus sebenarnya belum mengumbar detail peningkatan spesifikasi ROG Ally X.

Namun, Asus Senior Vice President, Shawn Yen mengeklaim bahwa salah satu yang akan mendapatkan peningkatan adalah kemampuan baterai.

Yen menyebut peningkatan kapasitas baterai ROG Ally X akan 40 persen lebih besar dari ROG Ally Z1 Extreme. Saat ini, kapasitas baterai ROG Ally Z1 Extreme adalah 40 WHrs.

“Baterai yang lebih besar menjadi salah satu aspek yang diminta oleh konsumen, dan kami tidak menyadari hal ini ketika kami meluncurkan ROG Ally generasi pertama. Oleh karena itu, kami akan meningkatkan kapasitas baterai di ROG Ally X,” ungkap Yen.

Selain baterai, komponen RAM dan media penyimpanan (storage) juga akan mengalami peningkatan di ROG Ally X.

Pihak Asus menyebut perangkat ini akan memiliki RAM yang lebih besar dari 16 GB, serta dukungan SSD yang lebih dari 512 GB.

Masih soal hardware, ROG Ally X juga disebut akan memiliki model papan inti (motherboard) dengan tata letak (layout) yang berbeda.
Dengan ini, slot kartu microSD ROG Ally X, yang sebelumnya sempat menjadi masalah di ROG Ally versi awal karena sering kepanasan (karena diletakkan di dekat sistem pendingin internal), akan dipindahkan dan memiliki posisi berbeda dari ROG Ally versi awal.

Di luar hardware, ROG Ally X juga dipastikan akan memiliki peningkatan layout desain dan tombol joystick, warna baru yaitu hitam, serta peningkatan software Asus khusus gamer, yakni Armor Crate yang akan hadir dengan fitur yang lebih anyar.

Nah, dengan berbagai fitur baru ini, bisa diprediksi bahwa bobot dan harga Asus ROG Ally X akan lebih besar dibanding ROG Ally Z1 Extreme.
Sebagai referensi, bobot ROG Ally Z1 Extreme adalah 608 gram dan harganya adalah 699 dollar AS (sekitar Rp 11,2 juta).

TheVerge, Jumat (10/5/2024), Asus akan meluncurkan ROG Ally X pada 2 Juni 2024 mendatang. Pada saat itu, harga dan ketersediaan perangkat tersebut tentunya akan bisa diketahui secara pasti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *