Kuliner Khas Tionghoa di Medan yang Menggugah Selera

Kuliner Khas Tionghoa di Medan yang Menggugah Selera
Kuliner Khas Tionghoa di Medan yang Menggugah Selera

LIGAPEDIA.news – Kota Medan merupakan salah satu daerah yang memiliki komunitas Tionghoa terbesar di Indonesia. Hal itu juga mempengaruhi banyaknya budaya dan kuliner khas Tionghoa yang tersebar di kota Medan.

Kuliner Khas Tionghoa di Medan yang Menggugah Selera

1. Bakmi Medan
Bakmi Medan sangat berbeda dengan bakmi yang ada di daerah lain karena memiliki cita rasa yang khas. Biasanya di atas semangkuk mi bakmi diberi daging babi kecap yang dicincang.

Read More

Banyak tambahan lainnya juga seperti bawang goreng yang cukup banyak, acar cabai yang khas menambah rasa gurih pada mie. Seringkali juga diberi tambahan tauge dan caisim rebus serta chasiu (babi merah).

2. Taukua Heci
Taukua Heci merupakan makanan yang cukup unik dan cukup asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Taukua merupakan sejenis tahu kering atau heci yang artinya bakwan udang.

Makanan ini terdiri dari potongan tahu, gorengan, kangkung, dan bakwan udang yang besar yang nantinya akan disiram dengan saus asam manis yang sangat kental. Lembutnya tahu goreng dan bakwan super crispy menciptakan rasa unik.

3. Mie Hokkien
Mie Hokkien merupakan salah satu jenis bakmie, bedanya mie hokkien sering kali sudah disajikan dengan tercampur rata. Tekstur pada mie hokkien ini juga sedikit tebal dari mie biasanya.

Terdapat berbagai campuran yang dimasak bersamaan dengan mie. Campuran tersebut biasanya menggunakan bakso ikan, daging babi, udang, jeroan dan sayur mayur.

4. Ci Cong Fan
Ci cong fan adalah sejenis kwetiau lebar yang dipotong kecil-kecil dan dihidangkan bersama dengan berbagai macam gorengan.

Ada banyak pilihan gorengan yang menjadi teman saat menyantap ci cong fan seperti lumpia goreng, uyen atau talas goreng khas Medan, lobokau atau kue lobak khas Medan, dan berbagai macam bakwan.

Cara menyajikan juga cukup unik, setelah dipotong-potong kemudian disiram sambal cuka yang banyak dan langsung dinikmati agar gorengan tetap garing.

5. Sio Bak Pui
Sio bak pui merupakan hidangan yang sangat khas dari Tionghoa. Makanan ini berasal dari Tionghoa Selatan.

Sio bak pui secara harfiah adalah nasi babi panggang. Pada hidangan nasi ini biasanya terdapat babi panggang manis, babi panggang garing, lap cheong atau sosis cina, dan setengah butir telur pindang.

Rasanya sangat sedap karena ditambah dengan semacam acar timun dan disiram kuah kecap. Jenis babi yang digunakan dalam hidangan ini juga cukup berbeda dari biasanya.

Nah itu dia berbagai makanan khas Tionghoa yang ada di Medan. Bagi kamu penikmat makanan khas tionghoa boleh banget dicoba deretan makanan di atas.

Sumber : detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *