Otomotif

Lecuona kembali gantikan Rins pada MotoGP Catalunya

– Pembalap Honda untuk World Superbike (WSBK) Iker Lecuona kembali menggantikan Alex Rins pada MotoGP Catalunya, Spanyol, yang akan bergulir di Sirkuit Barcelona-Catalunya, akhir pekan ini.

“Pembalap LCR Honda Alex Rins membuat kemajuan yang solid untuk segera kembali ke trek, namun ia akan melewatkan GP Catalunya dan akan digantikan oleh rekan satu negaranya, Iker Lecuona,” kata LCR Honda, dikutip dari media sosial resmi mereka, Rabu.

Meskipun Rins dinyatakan sudah menunjukkan progres lebih baik untuk pemulihan cederanya, namun tim menilai ia masih belum layak untuk kembali berkompetisi.

Rins sendiri masih dalam proses pemulihan dari cedera patah tulang pada tibia dan fibula di balapan Sprint MotoGP Italia, awal Juni.

Sementara bagi Lecuona, ini adalah keempat kalinya pembalap Spanyol itu menjadi pembalap pengganti untuk Honda di MotoGP 2023. Ia sebelumnya ikut tampil di MotoGP Spanyol di Jerez, MotoGP Belanda di Assen, dan MotoGP Inggris di Silverstone.

Lecuona pertama kali masuk untuk Tim Repsol Honda di Jerez menggantikan Joan Mir dan finis tepat di luar poin yaitu di posisi ke-16 pada Grand Prix Spanyol. Dia kembali ke mesin Honda, menggantikan Rins, di Assen dan SIlverstone yang bersejarah dan berada di jalur untuk mencetak poin.

Sementara itu, tahun ini akan menjadi tahun terakhir bagi Rins berada di tim satelit Honda. Ia resmi akan bergabung dengan tim pabrikan Yamaha, Monster Energy Yamaha, untuk MotoGP musim 2024.

Rins sebelumnya menilai bahwa performanya di tim satelit Honda tidak berkembang dan cenderung terbatas untuk melakukan banyak hal. Apalagi dengan kecelakaan parah yang menimpanya beberapa waktu lalu, membuatnya harus absen di beberapa Grand Prix.

“Sebenarnya saya akan lebih mengapresiasi jika mereka juga memberikan saya sedikit dukungan,” kata Rins.

sumber : antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *