Mahasiswa Sering Capek Setelah Bangun Tidur? Hati-hati Ini Penyebabnya

Mahasiswa Sering Capek Setelah Bangun Tidur? Hati-hati Ini Penyebabnya
Mahasiswa Sering Capek Setelah Bangun Tidur? Hati-hati Ini Penyebabnya

LIGAPEDIA.news – Mahasiswa sering capek setelah bangun tidur? Terkadang, selepas tidur kita masih merasa lelah. Nah, pakar Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya yakin ini penyebabnya.

Dede Nasrullah Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya menyebut, sering capek setelah bangun tidur bisa disebabkan banyak hal. Salah satunya kurangnya jam tidur.

Read More

Mayo Clinic mengatakan jika orang dewasa minimal tidur selama 7 jam setiap malam. Apabila kurang dari jam iu, kamu bisa merasa lelah saat bangun tidur.

Jumlah dan kualitas tidur yang baik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, menjaga berat badan ideal, hingga memperkuat imunitas tubuh. Sebaliknya, jika kualitas tidur terganggu seseorang bisa menjadi lebih mudah lelah dan berisiko terserang penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

8 Tips Tidak Lelah Setelah Bangun Tidur

Dede membagikan tips agar seseorang tidak capek setelah bangun tidur, yaitu:

1. Rutin Olahraga
Olahraga secara rutin bisa membuat tubuh lebih sehat dan meningkatkan kualitas tidur. Dede menyarankan untuk berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

Menurutnya, dengan olahraga ringan seperti peregangan tangan, kepala, atau badan saat bangun tubuh akan lebih fresh dan siap untuk beraktivitas.

2. Atur Waktu Tidur
Waktu tidur yang konsisten sangat penting bagi jam biologis manusia. Kebiasaan ini akan mengaktifkan jam biologis pada tubuh sehingga tubuh bisa istirahat dengan cukup.

3. Tidak Konsumsi Alkohol, Kafein, dan Nikotin
Selanjutnya, jangan mengkonsumsi alkohol, kafein dan nikotin. Healthline mengungkapkan jika ketiga kandungan tersebut bisa mengganggu siklus tidur.

4. Matikan Smartphone
Keempat matikan smartphone atau alat elektronik lainnya. Dede menegaskan pancaran cahaya dari smartphone, TV, dan gadget akan mempengaruhi kualitas tidur.

5. Cek Jenis Makanan Sebelum Tidur
Hindari mengonsumsi cokelat hitam, pizza, minuman bersoda, dan sereal manis. Makanan dan minuman tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Jangan lupa beri jeda minimal 2 jam sebelum tidur agar proses metabolisme dalam tubuh dapat berjalan dengan optimal.

6. Minum Air Sebelum dan Setelah Tidur
Biasakan minum air putih sebelum dan sesudah tidur. Minum air putih sebelum dan setelah tidur bisa membantu membuang racun dalam tubuh.

7. Ciptakan Suasana Nyaman
Terapkan sleep hygiene agar suasana tidur lebih nyaman. Seperti menjaga kamar tetap bersih atau mematikan lampu.

8. Teknik Relaksasi
Terakhir, lakukan teknik relaksasi seperti yoga atau mandi air hangat. Kegiatan ini bisa mengurangi stres sehingga kualitas tidur membaik.

Sumber : detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *