Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi saat Diare, Bukan Cuma yang Pedas

LIGAPEDIA.news – Diare adalah masalah pencernaan yang umum terjadi, dan salah satu faktor penting dalam mengatasi diare adalah melalui pengaturan pola makan. Banyak orang berpikir bahwa hanya makanan pedas yang harus dihindari saat diare, tetapi sebenarnya ada berbagai jenis makanan lain yang sebaiknya dihindari agar proses penyembuhan berjalan lebih lancar.

Makanan yang Harus Dihindari

Makanan Pedas

Makanan pedas memang harus dihindari saat Anda mengalami diare. Rasa pedas bisa merangsang perut Anda dan memperburuk kondisi diare yang sudah ada. Hindari makanan seperti sambal, cabai, dan makanan pedas lainnya.

Bacaan Lainnya

Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng dalam minyak banyak sebaiknya dihindari. Lemak berlebihan dapat menyebabkan perut Anda lebih sulit mencerna makanan, yang bisa memperpanjang masa diare Anda.

Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat seperti sayuran mentah, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang keras dapat membuat diare semakin parah. Serat dapat meningkatkan gerakan usus, yang bukan hal yang baik saat Anda sedang mengalami diare.

Makanan dengan Kafein

Minuman berkafein seperti kopi dan minuman berenergi sebaiknya dihindari saat diare. Kafein dapat membuat perut lebih aktif dan meningkatkan produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi Anda.

Makanan Laktosa

Jika Anda intoleran terhadap laktosa, hindarilah produk susu seperti susu, keju, dan yogurt. Diare bisa membuat tubuh sulit mencerna laktosa, yang bisa menyebabkan perut kembung dan diare lebih parah.

Makanan yang Dianjurkan

Makanan Rendah Serat

Makanan rendah serat seperti nasi putih, roti putih, dan pasta dapat membantu meredakan diare. Serat yang rendah akan membuat perut Anda lebih tenang.

Makanan Berserat Larut

Makanan seperti apel tanpa kulit, pisang, dan bubur oatmeal dapat membantu mengatasi diare. Serat larut dalam makanan ini membantu mengentalkan konsistensi tinja.

Minum Air Putih

Penting untuk tetap terhidrasi saat mengalami diare. Minumlah banyak air putih untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare.

Konsumsi Sup Ayam

Sup ayam rendah lemak dapat memberikan nutrisi yang diperlukan tanpa memberatkan sistem pencernaan Anda.

Kesimpulan

Menghindari makanan yang bisa memperburuk diare dan menggantinya dengan makanan yang lebih mudah dicerna adalah langkah penting dalam mengatasi diare. Selain itu, konsultasikan dengan profesional medis jika diare berlangsung lebih dari beberapa hari atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan. Ingatlah bahwa makanan yang tepat dapat mempercepat proses pemulihan Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *