Mandi Air Es saat Cuaca Panas, Apakah Berbahaya

Mandi Air Es saat Cuaca Panas, Benarkah Berbahaya?
Mandi Air Es saat Cuaca Panas, Benarkah Berbahaya?

LIGAPEDIA.news – Baru-baru ini muncul ide mandi air es saat cuaca panas untuk menghilangkan gerah dan rasa tidak nyaman. Ide itu pun ramai dibicarakan di media sosial.

Ide ini menuai pro dan kontra. Ada yang setuju, tapi tidak sedikit juga yang melarang. Alasannya, mandi es ini dianggap cukup berbahaya untuk kesehatan.

Bacaan Lainnya

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Rumah Sakit Siloam Vito Damay menyebut, mandi air es saat cuaca panas memang cukup berbahaya. Ada sejumlah risiko kesehatan yang bisa muncul, utamanya berkaitan dengan organ jantung dan pembuluh darah.

“Sebenarnya cukup berbahaya, apalagi jika langsung dilakukan. Misalnya dari suhu panas langsung menggunakan air es yang suhunya sangat dingin,” ujarnya.

Berikut ini beberapa risiko kesehatan yang bisa muncul menurut Vito.

1. Syok termal

Perubahan suhu yang mendadak dapat menyebabkan syok termal bagi tubuh. Ketika ini terjadi, maka bisa muncul rasa tidak nyaman, pusing, bahkan pingsan.

2. Kontraksi otot

Air dingin bisa menyebabkan otot-otot tubuh berkontraksi dengan cepat. Hal ini bisa memicu kram mendadak di bagian tubuh tertentu, misalnya kaki.

3. Masalah jantung

Bagi mereka yang memiliki kondisi jantung tertentu, paparan mendadak terhadap air dingin bisa menyebabkan tekanan di jantung. Efeknya bisa terjadi serangan jantung mendadak.

4. Masalah pernapasan

Menghirup udara yang sangat dingin saat mandi bisa membuat pernapasan menjadi lebih sulit. Hal ini terutama bisa dialami mereka yang memiliki asma atau kondisi pernapasan lainnya.

Meski demikian, Vito tidak membantah jika mandi dengan air es juga memiliki manfaat yang cukup baik. Misalnya, bisa meredakan otot yang tegang atau bahkan mengurangi peradangan.

Tapi, cara mandinya pun tidak bisa sembarangan. Harus selalu mendengarkan sinyal di tubuh dan tidak memaksakan diri.

“Jika merasa tidak nyaman atau mengalami gejala yang tidak biasa setelah mandi air es, sebaiknya segera dihentikan,” katanya.

Jika Anda tetap ingin mencoba mandi air es saat cuaca panas, sebaiknya berhati-hati. Utamanya, jangan langsung mandi ketika Anda dari luar rumah dengan suhu yang cukup tinggi.

“Jangan langsung masuk ke air dingin. Mulai lah dengan menyiramkan air dingin ke kaki dan tangan dulu. Lalu bertahap ke bagian tubuh lainnya. Ini bisa membantu tubuh beradaptasi dengan perubahan suhu,” kata dia.

Sumber : cnnindonesia.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *