6 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur yang Pantang Dilewatkan

LIGAPEDIA.news – Manfaat minum air putih untuk tubuh yaitu mengangkut nutrisi dan oksigen, mengatur suhu tubuh, hingga melindungi organ dan jaringan.

Air putih dapat dikonsumsi kapan pun sesuai kebutuhan tiap individu. Akan tetapi, minum air putih setelah bangun tidur ternyata dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan.

Bacaan Lainnya

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui apa saja manfaat minum air putih di pagi hari atau setelah bangun tidur.

Apa manfaat minum air putih setelah bangun tidur?

berikut beberapa manfaat air putih yang dikonsumsi pada pagi hari setelah bangun tidur:

  • Mengeluarkan racun
    Minum air putih di pagi hari atau setelah bangun tidur dalam kondisi perut kosong membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.
  • Mencegah kenaikan berat badan
    Konsumsi air putih pada pagi hari juga dapat mencegah kenaikan berat badan.
    Hal itu karena air putih dapat memberikan perasaan kenyang, sehingga seseorang tidak tertarik mengonsumsi camilan tinggi kalori dan lemak yang mampu memicu pertambahan berat badan.
  • Meningkatkan kerja otak
    Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan penurunan kinerja otak yang ditandai dengan kesulitan menyelesaikan pekerjaan rumah atau kantor, sulit memahai hal baru, hingga mudah lupa.
    Oleh karena itu, minum segelas air putih sangat disarankan untuk meningkatkan kerja otak.
  • Meningkatkan suasana hati
    Manfaat air putih selanjutnya yaitu meningkatkan suasana hati atau mood seseorang. Kesegaran air putih membuat seseorang lebih bersemangat menjalani aktivitasnya.
  • Menjaga kesehatan kulit
    Minum air putih pada pagi hari dapat menjaga kesehatan kulit dengan menjaga kelembapannya serta mencegah timbulnya jerawat.
  • Membantu metabolisme tubuh
    Minum air putih saat perut kosong dilaporkan dapat menaikkan proses metabolisme tubuh sampai 24 persen.

Manfaat ini akan membantu Anda yang sedang diet atau mengembalikan kesehatan sistem pencernaan yang sedang bermasalah.

Berapa takaran air putih yang perlu dikonsumsi setiap hari?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur.

Minum air putih setelah bangun tidur dapat memberi beberapa manfaat bagi tubuh, yaitu mulai dari mengeluarkan racun hingga membantu proses metabolisme.

Karena kondisi orang berbeda-beda, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa gelas air putih yang harus diminum setiap harinya.

SOURCE : health.kompas.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *