Berita PopulerBerita TerbaruKesehatan

Manfaat Kunyit untuk Penderita Diabetes

LIGAPEDIA.news – Kunyit adalah rempah yang kaya akan manfaat. Diyakini, salah satu manfaat kunyit adalah untuk penderita diabetes.
Kunyit mengandung kurkumin. Zat inilah yang diyakini bisa memberi manfaat untuk meredakan diabetes.

Kurkumin sendiri memiliki kemampuan untuk membantu mengontrol gula darah. Selai itu, zat ini juga diklaim bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes tipe 2.

Kunyit untuk diabetes

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang berasal dari akar tanaman. Selain memberi rasa yang kuat pada makanan, warna kuning kunyit juga bikin sajian jadi lebih berwarna.
Selain itu, kunyit juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sejak lama, kunyit telah digunakan untuk pengobatan alami. Misalnya, untuk meningkatkan fungsi hati dan pencernaan, atau untuk mengurangi rasa sakit akibat kondisi seperti arthritis.

Kunyit juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan infeksi akibat peradangan. Selain itu, baru-baru ini sebuah penelitian juga menemukan manfaat kunyit untuk penderita diabetes

Tinjauan penelitian pada 2013 lalu menemukan bahwa kurkumin–komponen aktif pada kunyit–bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, kurkumin juga diklaim bisa menurunkan berbagai komplikasi kesehatan akibat diabetes.

Para peneliti juga menemukan bahwa kurkumin kemungkinan bisa mencegah terjadinya diabetes. Namun demikian, masih dibutuhkan pengujian lebih lanjut untuk membuktikan klaim satu ini.

Menukil Medical News Today, banyak ilmuwan yang meyakini hubungan antara kunyit dan diabetes. Hubungan keduanya diduga terjadi akibat kemampuan kunyit untuk mengurangi peradangan. Peradangan juga jadi salah satu faktor munculnya diabetes.

Sebuah ulasan di jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine mengumpulkan lebih dari 200 makalah penelitian tentang hubungan antara diabetes dengan kurkumin pada kunyit.

Hasilnya menunjukkan bahwa kurkumin bisa membantu penderita diabetes dengan berbagai cara. Salah satunya meningkatkan resistensi insulin dan kadar kolesterol.

Saat dimakan langsung, kunyit diyakini bisa membantu mengurangi gula darah ke tingkat yang lebih terkendali. Meski begitu, diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan efek ini.

Sumber : cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *