Berita PopulerBerita TerbaruKesehatan

Mengapa Nasi yang Dikunyah dalam Waktu Lama akan Terasa Manis

LIGAPEDIA.news – Seperti diketahui, nasi terutama nasi putih adalah salah satu sumber karbohidrat atau makanan pokok sebagian orang Indonesia.

Mengapa nasi yang dikunyah dalam waktu lama akan terasa manis ?
Dikutip dari Guidechem, nasi yang dikunyah dalam waktu lama akan terasa manis karena adanya kandungan pati di dalam beras. Untuk diketahui, satu porsi nasi mengandung 53 gram karbohidrat, yang mayoritas terdiri atas pati dan gula.

Saat mengunyah nasi, proses pencernaan karbohidrat secara mekanis dan kimiawi terjadi di mulut. Proses ini akan menghancurkan nasi menjadi potongan-potongan kecil, dan memicu keluarnya air liur di rongga mulut yang bakal melapisi partikel makanan.

Nantinya, pati dalam beras tersebut dapat diubah menjadi maltosa oleh enzim amilase dalam air liur. Menurut MedicineLibreTexts, enzim ini akan memutus ikatan antara unit gula monomer disakarida, oligosakarida, dan pati. Kemudian, amilase air liur segera memecah amilosa dan amilopektin menjadi rantai glukosa yang lebih kecil, yang disebut dekstrin dan maltosa.

Peningkatan kadar maltosa di mulut yang dihasilkan lewat pemecahan pati secara mekanis dan kimiawi dalam inilah yang membuat nasi terasa rasa manis saat dikunyah dalam waktu yang lama.

Fungsi air liur bagi tubuh

Selain berfungsi memecah pati pada makanan, air liur juga memiliki fungsi penting dalam mendukung kesehatan mulut dan pencernaan, seperti:

  • Menjaga mulut dan tenggorokan agar tetap terlumasi dan nyaman
  • Melembabkan makanan sehingga lebih mudah ditelan
  • Menjaga kebersihan mulut
  • Membantu mengurangi risiko gigi berlubang dan penyakit gusi
  • Membantu menjaga keseimbangan pH di mulut

Setelah mengetahui penjelasan mengapa nasi yang dikunyah dalam waktu lama akan terasa manis di atas, Kamu kini jadi tahu bahwa hal itu tak lepas dari peran air liur dalam proses pencernaan makanan.

Sumber : health.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *