Menyingkap Alasan Tesla Ogah-ogahan Berinvestasi di RI

Ligapedia_menyingkap-alasan-tesla-ogah-ogahan-berinvestasi-di-ri

Ligapedia.news – Pemerintah sudah sekian kali merayu Tesla untuk berinvestasi di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun gunung langsung melobi Bos Tesla Elon Musk.

Sayangnya, rayuan tersebut tak kunjung berbuah hasil.

Read More

Baru-baru ini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan nasib investasi Tesla di Indonesia. Kata dia, Musk saat ini menilai pasar kendaraan listrik sedang lesu dan menimbang investasi baru di mana pun masih menunggu kestabilan.

Luhut bilang suplai mobil listrik di China, pasar terbesar di dunia, sedang kelebihan suplai. Dia juga mengungkap Tesla sedang menghadapi tantangan persaingan harga murah di mobil listrik China.

Kelihatan EV China oversupply, harganya China lebih murah dari mereka, jadi dia (Elon Musk) masih menunggu beberapa waktu untuk berpikir investasi di mana pun,” kata dia usai bertemu Musk di World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Senin (20/5).

Pengusaha berusia 53 tahun kelahiran Afrika Selatan itu memimpin banyak perusahaan, termasuk SpaceX bidang keantariksaan, media sosial X dan mobil listrik Tesla.

“Kami sepertinya bakal berinvestasi di Indonesia. Hari ini pengumuman tentang Starlink. Jadi saya ingin memberikan pengumuman lebih lanjut di kesempatan lain,” ujar Musk saat peresmian tersebut.

Tapi saya kira akan sangat mungkin. Saya akan sangat mungkin menginvestasikan perusahaan saya di Indonesia pada masa depan,” tambah dia.

Pemerintah hingga saat ini belum sukses menarik minat Musk untuk berinvestasi, terutama pada produksi mobil listrik dan baterainya. Lobi ini didorong fakta Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, yang merupakan salah satu bahan baku utama baterai mobil listrik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pada 2022 silam sempat mengunjungi markas SpaceX di Amerika Serikat (AS). Kala itu, Musk menyatakan Indonesia mempunyai potensi besar dan ia berencana bekerja sama di Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *