Berita TerbaruBerita UnggulanBerita ViralKesehatan

Minum Teh Hitam Setiap Hari Turunkan Risiko Diabetes

LIGAPEDIA.news – Teh hitam ternyata bermanfaat untuk diabetes. Sebuah penelitian anyar menemukan, minum teh hitam setiap hari dapat mengurangi risiko dan perkembangan diabetes tipe-2.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti dari University of Adelaide, Australia dan Southeast University, China. Mereka menemukan, orang yang meminum teh hitam setiap hari mempunyai risiko 53 persen lebih rendah terkena pradiabetes dan 47 persen lebih rendah terkena diabetes tipe-2 dibandingkan mereka yang tidak meminum teh.

Dalam studi, para peneliti juga mempertimbangkan faktor risiko seperti usia, jenis kelamin, etnis, indeks massa tubuh (BMI), tekanan darah, kolesterol, asupan alkohol, status merokok, riwayat diabetes, dan olahraga.

“Manfaat besar teh bagi kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2, telah dilaporkan dalam penelitian selama beberapa tahun terakhir. Namun, mekanisme yang mendasari manfaat ini masih belum jelas,” catat penulis utama studi Tongzhi Wu, melansir Eureklert.

Wu mengatakan, temuannya mengisyaratkan efek perlindungan dari kebiasaan minum teh hitam untuk diabetes lewat pengelolaan gula darah.

Teh hitam tampaknya ditemukan dapat meningkatkan ekskresi glukosa dalam urine serta resistensi insulin. Dengan demikian, kontrol gula darah pun menjadi lebih baik.

“Manfaat ini paling terasa di antara peminum teh hitam setiap hari,” ujar Wu.

Studi ini melibatkan 1.923 orang dewasa China berusia 20-80 tahun. Sebanyak 436 di antaranya mengidap diabetes, 352 di antaranya mengalami pradiabetes, sementara 1.135 lainnya memiliki kadar gula darah normal.

Dari ribuan partisipan itu, sebagian di antaranya adalah mereka yang bukan peminum teh biasa dan mereka yang hanya menyukai satu jenis teh. Mereka ditanya tentang frekuensi dan jenis konsumsi teh.

Para penelitian kemudian menguji hubungan antara frekuensi dan jenis teh yang diminum dengan ekskresi glukosa dalam urine, resistensi insulin, serta status glikemik.

Setelah mempertimbangkan berbagai faktor risiko pada partisipan, peneliti menemukan bahwa minum teh setiap hari dikaitkan dengan peningkatan ekskresi glukosa dalam urine dan penurunan resistensi insulin. Manfaat ini paling kuat dialami oleh para peminum teh hitam.

Namun demikian, para peneliti mengingatkan bahwa temuannya tak bisa jadi satu-satunya bukti soal manfaat teh hitam untuk diabetes. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi penemuan tersebut.

Sumber : cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *