Berita TerbaruBerita UnggulanKuliner

Minuman Khas Sumatera Utara Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

LIGAPEDIA.news – Sumatera Utara memang sudah terkenal sebagai kawasan wisata. Tak hanya di situ beragam kuliner khas Sumatera Utara juga menjadi daya tarik pengunjung luar daerah untuk menyambangi provinsi tersebut.

Menurut buku Kuliner Khas Sumatera: Tradisi hingga Nilai Gizi oleh Hesti Ayuningtyas Pangastuti mengatakan kekayaan kuliner Provinsi Sumatera Utara tak lepas dari banyaknya suku yang ada disana.

Minuman Khas Sumatera Utara Yang Wajib Dicoba

1. Cendol Panas

Minuman ini bisa kita temui dan sangat terkenal di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Biasanya cendol disajikan dalam keadaan dingin, namun cendol satu ini justru dihidangkan dalam keadaan panas-panas.

Kota Pematang Siantar memang daerah yang memiliki udara sejuk karena berada di wilayah perbukitan. Bahan yang digunakan untuk membuat cendol ini adalah santan, gula merah, dan tepung beras atau sagu.

2. Sirup Markisa

Sumatera Utara juga dikenal dengan penghasil buah yang baik. Salah satu buah yang menjadi komoditas utama di Sumatera Utara adalah buah markisa.

Memiliki cita rasa manis dan asam buah ini sering dijadikan olahan sirup. Sirup markisa sangat terkenal dan banyak disajikan saat perayaan hari-hari besar.

3. Jus Martabe

Martabe adalah singkatan dari markisa dan terong belanda. Minuman ini sudah tak asing lagi di daerah Berastagi, Sumatera Utara.

Wilayah Tanah karo tersebut memang salah satu penghasil terbesar dari markisa dan terong belanda. Minuman bercita rasa unik dan menyegarkan ini sangat nikmat untuk menghangatkan tubuh di cuaca yang sejuk.

4. Teh Susu Telur

Minuman satu ini banyak kita temui saat malam hari. Banyak warung-warung di pinggir jalan yang menjual minuman tersebut.

Dengan takaran yang pas antara teh, susu, dan telur minuman ini menghasilkan cita rasa yang sangat unik. Cocok banget dinikmati saat badan terasa lemas dan dingin.

5. Roco Timun

Segelas roco timun dapat menghilangkan rasa dahaga di siang hari. Selain itu minuman satu ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan karena terbuat dari bahan dasar yang menyehatkan.

Jika ingin membuat minuman ini juga tidak begitu sulit dan hanya memerlukan sedikit bahan saja. Hanya memerlukan buah kelapa dan timun serta ditambah dengan gula merah juga panda kamu sudah bisa menikmati roco timun ini.

6. Kolak Durian

Minuman satu ini juga menjadi salah satu kebanggaan Sumatera Utara khususnya warga kota Medan. Seperti namanya sudah pasti minuman satu ini berbahan dasar durian yang dicampur dengan kolak.

Durian yang berasal dari kota medan memang sangat terkenal. Dikenal memiliki rasa yang manis dan buah yang tebal. Apalagi kalau makan durian ini dihidangkan dengan kolak kenikmatannya sudah tentu bertambah.

7. Bandrek

Seperti teh susu telur yang dijelaskan sebelumnya, bandrek juga salah satu minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Minuman satu ini juga biasa ditemui saat malam hari.

Bandrek terbuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, buah pala, kayu manis, dan gula merah. Memiliki cita rasa yang sedikit pedas namun sangat menyegarkan tenggorokan.

8. Cap Badak

Sumatera Utara juga memiliki minuman bersoda yang sangat khas. Minuman ini juga menjadi salah satu kebanggaan Sumatera Utara karena hampir di setiap kota pasti terdapat minuman tersebut.

Dinamakan cap badak karena pemilik dari pabrik minuman tersebut adalah seorang yang menyukai hewan panda. Cap badak akan lebih nikmat saat di campur dengan susu,

9. Tuak

Siapa yang tak mengenal minuman satu ini. Tuak adalah salah satu minuman beralkohol yang berasal dari suku batak di Sumatera Utara.

Minuman adalah hasil dari fermentasi dari pohon nira atau buah yang mengandung gula. Biasanya tuak sering disajikan saat perayaan pesta adat batak sebagai hidangan para tamu undangan.

Demikian berbagai minuman khas Sumatera Utara yang dapat kamu nikmati saat berkunjung ke provinsi tersebut. Sudah pasti minuman-minuman itu dapat menyegarkan tenggorokan kamu.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *