Olahraga

Pekan Tak Menggembirakan Pemain Indonesia Di Luar Negeri

LIGAPEDIA.NEWS – Sedikitnya ada lima pemain Indonesia yang tampil bersama klub masing-masing pada akhir pekan kemarin.

Pekan kemarin bisa dibilang menjadi waktu tidak menggembirakan bagi pemain Indonesia yang merumput di luar negeri. Setidaknya hanya lima pemain yang merasakan atmosfer pertandingan.

Ivar Jenner yang sempat dimainkan selama 90 menit pada awal pekan dalam lanjutan Eerste Divisie, selanjutnya hanya memanaskan bangku cadangan ketika FC Utrecht menghadapi PEC Zwolle di Eredivisie. Sedangkan Asnawi Mangkualam Bahar tidak masuk daftar pemain.

Di lain sisi, Saddil Ramdani kembali memberikan kontribusi berarti bagi Sabah FC di Malaysia Super League (MSL). Sedangkan Jordi Amat terpaksa menunda gelar pertamanya di MSL setelah hasil ‘mengecewakan’ yang diperoleh Johor Darul Takzim.

Berikut Ligapedia merangkum kiprah para pemain Indonesia sepanjang pekan kemarin

Ivar Jenner – Jong Utrecht
Pemain naturalisasi Indonesia ini sepertinya masih harus bersabar untuk menjalani debut sekaligus merasakan atmosfer Eredivisie Belanda bersama FC Utrecht.

Pelatih Michael Silberbauer memasukkan Jenner ke dalam daftar pemain Utrecht saat menyerah 1-0 dari tuan rumah PEC Zwolle di Stadion Marc Park, Minggu (27/8) malam WIB. Namun Jenner hanya memanaskan bangku cadangan.

Masuknya Jenner ke dalam skuad utama Utrecht di laga ini sudah terlihat ketika nama pemain berusia 19 tahun itu menghilang saat Jong Utrecht ketika disikat VVV-Venlo dengan skor telak 4-1 di Stadion Covebo, Sabtu (26/8) dini hari WIB, dalam lanjutan Eerste Divisie. Itu untuk pertama kalinya Jenner tidak dimainkan Jong Utrecht pada awal musim 2023/24.

Asnawi Mangkualam Bahar – Jeonnam Dragons
Asnawi harus menerima kenyataan pahit tidak masuk ke dalam daftar pemain Jeonnam Dragons ketika dikalahkan Anyang FC 3-1 di Anyang Sports Complex, Minggu (27/8) malam WIB.

Tidak diketahui alasan pasti Asnawi harus diparkir untuk laga ini, mengingat pemain berusia 23 tahun tersebut dimainkan penuh saat menaklukkan pemuncak klasemen Gimcheon Sangmu di pertandingan sebelumnya.

Hasil itu juga membuat Jeonnam tidak mampu mengalahkan Anyang dalam tiga pertemuan kedua tim sepanjang musim 2023.

Marselino Ferdinan – KMSK Deinze
Bintang muda timnas Indonesia akhirnya masuk ke dalam daftar susunan pemain saat KMSK Deinze menelan kekalahan tipis 1-0 dari tuan rumah Lommel SK, Minggu (27/8) dini hari WIB, di Stadion Soeverein dalam lanjutan Challenger Pro League Belgia 2023/24.

Pelatih Marc Grosjean memasukkan nama Marselino ke dalam daftar pemain di laga kali ini setelah di dua pertandingan sebelumnya disimpan, karena sedang memulihkan cedera. Namun hingga laga selesai, Marselino tidak dimainkan.

Sandy Walsh – KV Mechelen
Pemain naturalisasi ini kembali dimainkan sebagai starter ketika KV Mechelen bangkit dari ketertinggalan saat mengalahkan tim papan bawah KV Westerlo dengan skor 3-2 di Stadion Het Kuipje, Sabtu (26/8) malam WIB, dalam laga yang disaksikan bintang Manchester City Kevin De Bruyne.

Pelatih Steven Dafour memainkan Walsh selama 71 menit untuk digantikan Rafik Belghali saat Mechelen tertinggal 2-0. Selepas itu, Mechelen bangkit, dan membalikkan keadaan untuk meraih kemenangan 3-2.

Jordi Amat – Johor Darul Takzim
Akhir pekan kemarin bisa dibilang cukup menyesakkan bagi Jordi Amat, karena untuk kali pertama di MSL musim 2023 Johor Darul Takzim kebobolan tiga gol. Jumlah itu terhitung banyak, mengingat sekalipun kebobolan, JDT tidak pernah dijebol lebih dari satu gol dalam 20 laga sebelumnya.

Adalah Kedah Darul Aman yang mampu melakukan itu kala bermain imbang 3-3, Sabtu (26/8) malam WIB, di Stadion Darul Aman. Bukan itu saja. JDT juga untuk pertama kalinya gagal mendapat tiga poin, sehingga terpaksa menunda pesta juara MSL selama satu bulan, karena ada kalender FIFA dan perempat-final Piala Malaysia.

Saddil Ramdani – Sabah FC
Saddil melanjutkan performa cemerlangnya bersama Sabah FC dengan membantu tim Badak meraih kemenangan 3-1 atas Negeri Sembilan FC, Sabtu (26/8) malam WIB, di Stadion Likas lewat satu assist-nya.

Pemain berusia 24 tahun itu melepaskan umpan melengkung yang diselesaikan Miguel Cifuentes dengan sundulannya menjelang babak pertama berakhir, sehingga mereka unggul 3-0.

Rafael Struick – ADO Den Haag
Struick hanya memanaskan bangku cadangan ketika ADO Den Haag meraih angka penuh dalam laga tandangnya dengan mengalahkan tuan rumah FC Den Bosch 2-1, Sabtu (26/8) dini hari WIB, pada matchday ketiga Eerste Divisie.

Struick untuk pertama kalinya tidak dimainkan pelatih Darije Kalezic di awal musim. Pada dua laga sebelumnya, Struick mendapat kesempatan bermain, meski mengawalinya dari bangku cadangan.

Natanael Siringo Ringo – Kelantan FC
Derita Natanael terus berlanjut. Mantan pemain futsal ini harus merasakan tiga kekalahan dengan skor telak secara beruntun. Terakhir, Jumat (25/8) malam WIB, Kelantan FC kembali harus merasakan kebobolan dua digit setelah digasak Selangor FC 11-2 di Stadion Sultan Muhammad Ke-IV.

Sebelumnya, Kelantan digasak Terengganu FC 8-0, dan dibantai Johor Darul Takzim 10-0 di Piala Malaysia. Pelatih Angel Alfredo Vera tetap memainkan Natanael Siringo Ringo dari menit awal, namun ban kapten diserahkan kepada Yusri Yuhasmadi.

Elkan Baggott – Ipswich Town
Tidak masuk daftar pemain saat Ipswich Town menelan kekalahan pertama di EFL Championship ketika ditaklukkan tamunya Leeds United 4-3 di Stadion Portman Road, Sabtu (26/8) malam WIB.

Pratama Arhan – Tokyo Verdy
Tidak masuk daftar pemain ketika Verdy dipaksa menyerah 3-2 dari tamunya, Fagiano Okayama, di Stadion Ajinomoto, Sabtu (26/8), dalam lanjutan J League 2.

Shayne Pattynama – Viking FK
Viking FK tidak mempunyai jadwal pertandingan Eliteserien pada akhir pekan ini.

SOURCE : GOAL.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *