Penampakan Kantor Bupati Pohuwato Dibakar Massa Demo Lahan Tambang Emas

penampakan-kantor-bupati-pohuwato-yang-dibakar-massa-dokumen-istimewa
penampakan-kantor-bupati-pohuwato-yang-dibakar-massa-dokumen-istimewa

Ligapedia.news – Kantor Bupati Pohuwato, Gorontalo, terbakar hebat usai unjuk rasa terkait permintaan ganti rugi lahan ke perusahaan tambang emas berakhir ricuh. Kantor bupati tersebut diduga dibakar massa.
Dalam video yang diterima detikcom, tampak gedung kantor bupati sedang dilalap api. Kebakaran tampak berkobar pada bagian atap.

Asap tebal juga membubung tinggi ke udara. Polisi yang mengatakan api sudah dapat dipadamkan, namun gedung kantor bupati rusak berat.

“Kondisinya rusak berat, rusak berat,” ujar Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Desmont Harjendro kepada detikcom, Rabu (20/9/2023).

“Ini sementara masih dibersihkan sama pemerintah dibantu masyarakat,” sambung Desmont.

Desmont mengatakan insiden pembakaran kantor Bupati Pohuwato ini berawal saat sejumlah masyarakat menuntut ganti rugi lahan ke perusahaan tambang emas. Dia mengatakan pihak perusahaan tengan berupaya memvalidasi warga penerima ganti rugi lahan, namun massa aksi ada yang tidak sabar hingga berujung aksi anarkis.

“Latar belakangnya tali asih dari perusahaan kepada tanah penambang, sudah dilaksanakan pendataan. Namun datanya berubah-ubah terus akhirnya dari perusahaan diubah lagi, butuh waktu lagi, tapi mereka tidak sabar,” kata Desmont.

source : DETIK

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *