Berita PopulerBerita TerbaruBerita UnggulanKesehatan

Penderita Diabetes Boleh Mengonsumsi Gula Pasir, asal…

LIGAPEDIA.news – Penderita diabetes ternyata masih diperbolehkan untuk menggonsumsi gula pasir namun harus dengan takaran yang tepat. Bagi para penderita diabetes, gula pasir mungkin menjadi momok karena mengandung glukosa atau sukrosa yang bisa memengaruhi gula darah.

Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat membuat penderita diabetes memiliki risiko komplikasi penyakit serius. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui pendapat ahli mengenai gula pasir untuk pasien diabetes.

Penderita diabetes boleh mengonsumsi gula pasir, asal…
Ahli gizi Sri Rejeki Wahyuningrum SKM, RD dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta menyebut bahwa gula pasir bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes tapi dengan takaran yang tepat.

Sri Rejeki menyatakan bahwa glukosa dalam gula pasir masih boleh masuk dalam tubuh sebanyak 5 persen dari total kebutuhan kalori per hari. “Jadi sebetulnya komposisi glukosa atau sukrosa gula pasir dalam kebutuhan kalori kita sehari-hari masih boleh diberikan sebanyak 5 persen dari total kebutuhan kalori sehari,” kata Sri Rejeki dikutip dari Antara, Sabtu (30/9/2023).

Apabila kebutuhan kalori per hari pasien diabetes adalah 1.700 kalori, maka 5 persen dari asupan karbohidrat masih bisa digunakan untuk konsumsi gula pasir. Sri Rejeki juga menekankan bahwa dalam mengatur diet pasien diabetes, penggunaan gula yang tepat adalah kunci penting. Jadi, membatasi atau menghindari konsumsi gula pasir sangat berpengaruh dalam mengendalikan glukosa dalam darah, namun penggunaan gula sebagai bumbu masih diperbolehkan dalam diet.

Sumber : health.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *