Potongan Keju yang Harganya Mengerikan

LIGAPEDIA.news – Keju sudah cukup lama dikenal sebagai makanan istimewa. Sehingga harganya juga jelas istimewa. Bahkan, ada keju yang harganya mengerikan.
Contohnya potongan keju ini. Potongan seberat 2,2 Kilogram ini terjual sampai nyaris setengah miliar rupiah.

Dikutip dari Oddity Central, baru-baru ini di Spanyol terjual potongan keju termahal di dunia. Bagaimana tidak, keju seberat 2,2 kg ini terjual hingga Rp 495 juta.

Setiap tahun, pada akhir Agustus, kota Las Arenas de Cabrales memang mengadakan kontes dimana potongan keju Cabrales dilelang untuk mendapat penawaran tertinggi. Tahun ini, Llagar de Colloto, restoran di Oviedo, Spanyol mendapatkan keju Cabrales istimewa.

Keju tersebut dibuat dengan tangan (handmade) dari susu sapi dan kambing. Keju lalu dimatangkan selama 10 bulan di gua yang ada di gunung Los Picos de Europa. Posisi gua ini 1.500 meter di atas permukaan laut

Keju ini dibuat oleh perusahaan keju Los Puertos yang berasal dari Poo de Cabrales. Juri menilai keju 2,2 kg yang dibawa perusahaan ini merupakan yang terbaik dari 15 perusahaan lain yang berpartisipasi. Keju ini juga paling diincar untuk lelang berikutnya.

Pembuat keju, Guillermo Pendas Bada mengatakan pihaknya tahu memiliki keju yang bagus, tapi untuk menang dalam kompetisi keju itu adalah hal sulit.

Menariknya, pembeli keju yaitu restoran Llagar de Colloto sudah mengalahkan semua orang untuk mendapatkan keju Cabrales terbaik selama beberapa tahun terakhir. Pada 2018, mereka bahkan rela membayar 14.300 Euro (Rp 236 juta), disusul tahun 2019 menghabiskan 20.500 Euro (Rp 338 juta).

Cabrales adalah keju alami yang dibuat dengan tangan baik dari susu sapi mentah atau campuran dua atau tiga jenis susu. Biasanya menggunakan susu sapi, domba, dan kambing yang dimatangkan di gua alami di Picos de Europa selama beberapa bulan.

Kondisi lembap mendukung berkembangnya jamur mirip penisilin yang memberikan ciri khas garis-garis dan bintik-bintik biru kehijauan. Rasanya konon kuat dengan paduan rasa tajam, asam, dan sedikit asin. Biasanya dikonsumsi bersama anggur dan sosis.

Keju Cabrales menjadi semakin populer baik di Spanyol maupun di luar negeri, dengan 66.226 kilogram terjual tahun lalu di Uni Eropa.

Sumber : detik.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *