PSSI dan Australia Bersatu untuk Piala Dunia 2034

Ligapedia.news – Ketua umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan federasi sepakbola Australia (FAA) mengenai peluang menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

Asia dan Oseania mendapat giliran menjadi tuan rumah turnamen sepakbola terbesar sejagat ini, mengingat pada Piala Dunia 2030 akan melibatkan tiga benua, yakni Eropa, Afrika, dan Amerika Selatan.

Read More

Erick mengatakan, pembicaraan dengan Australia ini sudah dilakukan sejak lama, yaitu pada 2017, dan intensitasnya terus ditingkatkan. Mereka kembali membicarakan masalah ini selepas Kongres FIFA di Rwanda pada April lalu.

Bahkan, lanjut Erick, pembicaraan tentang tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 ini tidak hanya melibatkan federasi, tetapi juga kepala pemerintahan kedua negara.

“Pihak FA Australia mengajak kembali. Jadi memang opsinya ada, kita dengan Australia bersama New Zealand, atau opsi yang lain, kita dengan Australia bersama beberapa negara Asia Tenggara, seperti Singapura dan Malaysia,” ujar Erick.

“Kami sampaikan (terkait bidding Piala Dunia) kepada Bapak Presiden (Joko Widodo). Bapak Presiden menerima [kemungkinan tersebut], dan bilang positif, dengan pihak FA Australia pun telah berjalan diskusi yang positif.”

Erick menambahkan, FIFA telah memberikan batas waktu hingga 31 Oktober untuk mengajukan pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034. Saat ini baru Arab Saudi yang menyatakan minat menjadi tuan rumah selain Indonesia dan Australia.

“Opsi-opsi ini kita masih buka, karena proses pengajuan masih punya tenggat beberapa minggu ke depan. Tentu dari pihak Arab Saudi juga sudah mengontak kami semua. Sebagai negara sahabat kita pasti saling mendukung,” imbuh Erick.

“Tetapi tentu sebagai negara Indonesia, kita boleh dong mencoba, karena memang persiapannya sudah dari tahun 2017. Bukan kagetan gitu, tapi melalui proses panjang, kapan kita punya kemungkinan lebih besar lagi.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *