Berita TerbaruBerita UnggulanPolitik

RESMI, Prabowo Subianto Umumkan Gibran Cawapres 2024

LIGAPEDIA.news – Prabowo Subianto, bakal cawapres 2024 yang diusung Koalisi Indonesia Maju resmi memutuskan cawapres pendampingnya di pilpres.

Biografi Calon Cawapres 2024 Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka adalah seorang tokoh yang dikenal sebagai putra sulung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo yang lahir pada tanggal 1 Agustus 1988 di Solo, Jawa Tengah.

Namun, kehidupan dan peran Gibran tidak hanya dikenal melalui hubungan keluarganya. Dia adalah seorang pengusaha, politisi, dan juga aktivis sosial.

Gibran Rakabuming Raka pertama kali terjun ke dunia politik ketika dia maju sebagai calon wali kota Solo pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Meskipun tidak berhasil dalam pemilihan tersebut, dia berhasil membangun jaringan dan mendapatkan pengalaman yang berharga dalam dunia politik.

Keikutsertaannya dalam Pilkada Solo adalah bukti komitmennya untuk berkontribusi dalam pelayanan masyarakat.

Prabowo mengumumkan bahwa Gibran Rakabuming Raka yang akan mendampinginya di Pilpres 2024.

“Kami telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju,” ujar Prabowo di kediamannya, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Diketahui, para ketua umum partai politik (ketum parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkumpul di rumah bakal capres Prabowo Subianto malam ini.

Mereka Menggelar Rapat Finalisasi Terkait Cawapres 2024

Dalam kurun dua waktu terakhir, Gibran bergerak menemui ketum-ketum parpol KIM yang mengusung Prabowo yang juga merupakan Ketua Umum (Ketum) Gerindra.

Gibran menemui Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediaman mereka masing-masing.

Gibran juga menemui Ketum Golkar Airlangga Hartarto di acara Rapimnas Golkar.

Prabowo Ngaku Sudah Izin ke Jokowi

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengaku sudah komunikasi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dinamika politik di koalisinya yang santer mengusung Gibran sebagai bacawapres.

Prabowo menyebut dirinya sebagai warga Indonesia tentu menghormati adat budaya kulo nuwun atau permisi.

Termasuk ketika Golkar sebagai salah satu partai koalisi pengusungnya memutuskan Gibran sebagai bakal cawapres pendamping dirinya.

“Ya tentunya sebagai orang Indonesia dengan adat budaya kita, tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita,” ujarnya usai meresmikan Rumah Sakit Kodam V/Brawijaya di Surabaya, Minggu (22/10).

Sumber : www.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *