Saluran Komunikasi Gaza Mati Total, Elon Musk Beri Akses Starlink

Saluran Komunikasi Gaza Mati Total, Elon Musk Beri Akses Starlink
Saluran Komunikasi Gaza Mati Total, Elon Musk Beri Akses Starlink

Ligapedia.news – Miliarder Elon Musk mengatakan layanan satelit Starlink miliknya akan mendukung akses telekomunikasi untuk “organisasi-organisasi bantuan yang diakui secara internasional di Gaza”, yang telah menghadapi pemutusan saluran komunikasi sejak Jumat (27/10).
Starlink merupakan jaringan satelit di orbit rendah Bumi yang dapat menyediakan internet ke lokasi-lokasi terpencil, atau daerah-daerah yang infrastruktur komunikasinya tidak berfungsi dengan baik.
Musk mengatakan ini sebagai respons dari postingan anggota kongres Partai Demokrat AS, Alexandria Ocasio-Cortez, yang menyebut pemutusan saluran komunikasi di Gaza sebagai hal yang “tidak dapat diterima”.

“Starlink akan mendukung konektivitas ke organisasi-organisasi bantuan yang diakui secara internasional di Gaza,” tulis Musk di X, yang sebelumnya bernama Twitter, mengutip AFP.

Bacaan Lainnya

Sekjen WHO Tedros Ghebreyesus sebelumnya melaporkan pihaknya tak bisa menghubungi tim WHO di Gaza maupun mitra-mitra kesehatan lainnya.

Tedros pun menyatakan kekhawatirannya atas keselamatan tim medis serta kesehatan pasien di Gaza.

Ketua UNICEF Catherine Russel juga mengabarkan pihaknya hilang kontak dengan kolega UNICEF di Gaza.

“Kami telah kehilangan kontak dengan rekan-rekan kami di Gaza. Saya sangat prihatin dengan keselamatan mereka dan malam horor yang tak bisa disampaikan dengan kata-kata yang dialami 1 juta anak di Gaza,” ucap Russel di platform X.

Layanan internet satelit Starlink milik Musk juga digunakan di Ukraina tak lama setelah invasi Rusia pada Februari 2022. Jaringan ini, yang membantu tentara berteknologi tinggi untuk beroperasi di daerah-daerah di mana alat komunikasi lainnya tidak berfungsi, merupakan alat medan perang utama bagi Kyiv.

Pada bulan September, Musk mengatakan bahwa ia telah mencegah Ukraina memusnahkan armada angkatan laut Laut Hitam Rusia tahun lalu dengan menolak akses internet Starlink.

“Ada permintaan darurat dari otoritas pemerintah untuk mengaktifkan Starlink hingga ke Sevastopol. Tujuannya jelas untuk menenggelamkan sebagian besar armada Rusia,” tulis Musk di X.

Pernyataan tersebut memicu kecaman tajam dari Mykhailo Podolyak, seorang ajudan senior Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

source : CNN

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *