Teknologi

Samsung Galaxy Z Flip5 Harus Waspada Setelah Oppo Find N3 Flip Keluar

LIGAPEDIA.NEWS – Sebuah foto dan video memperlihatkan Oppo Find N3 Flip berbedar di internet, jelang peluncurannya pada 29 Agustus 2023.

Dalam acara ini, Oppo disebut-sebut akan memperkenalkan dua perangkat di mana salah-satunya adalah Oppo Find N3 Flip.

Jadi pesaing Galaxy Z Flip5, Oppo Find N3 Flip mengusung konsep layak kedua unik dari ponsel layar lipat di pasar saat ini.

Bernama “any window”, layar kedua di Oppo Find N3 Flip kini tidak memiliki batas dengan bodi ponsel. Apa maksudnya?

Berbeda dari seri Find N sebelumnya dan Galaxy Z Flip series, layar kedua di HP Oppo ini akan berada di dalam bodi kover.

Selain itu, Oppo juga mengadopsi teknologi kamera utama Hasselblad dengan komposisi tiga lensa.

Untuk kemampuan lensanya, HP Android Oppo menggunakan lensa utama Sony IMX890 50MP, 48MP (ultrawide), dan 32MP telefoto.

Sedangkan kamera selfie, perusahaan asal China itu sudah memasangkan lensa 32MP, sebagaimana dilansir Sparrow News, Kamis (24/8/2023).

Oppo Find N3 Flip mengusung chipset MediaTek Dimensity 9200, dan sudah didukung dengan RAM 12/16GB.

Perusahaan juga sudah menyertakan layar LTPO AMOLED berukuran 6,8 inci, dan rentang layar kedua 3 inci.

HP Oppo baru ini menggunakan baterai 4300mAh, sudah mendukung fast charging 67W, dan memasang sebuah tombol “mute”–seperti di iPhone.

Bocoran Oppo Find N3

Oppo diketahui akan meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya di tahun ini. Perusahaan asal Tiongkok itu disebut akan meluncurkan Oppo Find N3.

Meski informasi peluncurannya belum diungkap, bocoran seputar smartphone ini sudah mulai bermunculan. Salah satunya adalah kemampuan fast charging yang didukung Oppo Find N3 ini.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Sabtu (12/8/2023), informasi ini diketahui laman sertifikasi Tiongkok 3C. Berdasarkan informasi di situs tersebut, Oppo Find N3 akan mendukung fast charging 67W dengan kabel.

Kemampuan ini meningkat dari generasi sebelumnya yang hanya mendukung fast charging 44. Kendati demikian, informasi mengenai peluncuran Find N3 ini belum diungkap.

Di sisi lain, kabar mengenai peluncuran Oppo Find N3 sendiri sudah diketahui sejak bulan lalu. Smartphone ini disebut akan meluncur ke pasar global, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, Oppo Find N3 dengan nomor model CPH2499 sudah muncul mengantongi sertifikasi P3DN Kemenperin dan muncul di database Ditjen Postel Kominfo.

Berdasarkan penelusuran di internet, Oppo CPH2499 dipakai untuk lini HP Android Find N3. Berdasarkan data dari P3DN, smartphone ini sudah memenuhi nilai TKDN 37.05 persen.

Sementara itu, ponsel ini juga sudah muncul di database Ditjen Postel Kominfo dengan nomor sertifikat 91770/SDPPI/2023 yang diterbitkan pada 10 Juli 2023.

Mengingat Oppo CPH2499 sudah muncul di situs P3DN dan Ditjen Postel ada kemungkinan Find N3 akan segera meluncur di Indonesia.

Bocoran Soal Spesifikasi Oppo Find N3

Walau informasi resmi tentang Oppo Find N3 ini belum dirilis resmi, sejumlah bocoran soal spesifikasi dan bentuk ponsel baru itu sudah beredar di internet.

Mengutip Gizmochina, Oppo Find N3 dilengkapi dengan layar OLED berukuran 8 inci utuk dibagian dalam, dan 6,5 inci FHD+ 120Hz di bagian depannya.

Kabarnya, ponsel layar lipat baru Oppo ini akan menggunakan tiga kamera 50MP OIS dengan salah satunya menggunakan lensa periskop yang sudah mendukung kemampuan zoom 3x.

Soal performa, HP Oppo Find N3 akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dipadukan dengan RAM 16GB, dan memori internal UFS 4.0 berkapasitas 1TB.

Oppo Kuasai Pasar Smartphone Lipat di China Sepanjang Januari-Mei 2023

Di luar dari ekosistem pasokan komponen smartphone paling komperehensif di dunia, China juga berhasil membangun ekosistem internet seluler dengan sangat kuat.

Capaian itu didukung oleh basis penggunanya yang sangat besar (1,4 miliar) dan penyebaran jaringan secara luas oleh operator telekomunikasi lokal.

Dalam hal smartphone lipat, kedua aspek tersebut saling mengoptimalkan kinerja software perangkat guna menawarkan pengoperasian yang mulus dan intuitif untuk memfasilitasi kebutuhan pengguna.

Pada tahun 2022, pengiriman smartphone lipat China tumbuh 199% YoY hingga melampaui 3 juta unit, mewakili sekitar 26% dari volume global.

Dalam hal persaingan, Oppo, Huawei, dan Samsung muncul sebagai pemimpin pasar yang dominan, menawarkan model premium smartphone lipat terlaris di China.

Sumber : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *