Berita TerbaruOtomotif

Spesifikasi Mobil Antipeluru yang Dipakai Jokowi di KTT G20 India

LIGAPEDIA.news – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT G20 India yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, pada 8-10 September 2023. Ini spesifikasi mobil Audi yang digunakan Jokowi selama perhelatan KTT G20 India.

Dikutip laman The Times of India, pemerintahan yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi menyediakan beberapa model mobil antipeluru untuk perhelatan KTT G20 India, salah satunya adalah Audi A8 L Security. Setibanya di India, Presiden Jokowi langsung menggunakan mobil ini sebagai kendaraan operasional selama pelaksanaan KTT.

Sebelumnya Presiden Jokowi juga menggunakan Audi A8 L Security pada KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Brussels, Belgia pada Desember 2022.

Model terbaru Audi A8 L Security diluncurkan di Rusia 2022 lalu. Sebagai kendaraan operasional kepala negara, Audi A8 L Security tentunya dilengkapi spesifikasi tinggi dengan tingkat keamanan yang tinggi pula.

Audi A8 L Security dikatakan mampu menahan terjangan proyektil senapan AK-47. Mobil ini juga diklaim tahan serangan granat dan ranjau darat. Selain itu juga ada sertifikasi perlindungan balistik VR9.

Di sisi lain, Audi A8 L Security pun memiliki sistem pemadam kebakaran dengan nozel di kompartemen mesin, tangki bahan bakar, bagian bawah bodi mobil, serta velg. Sistem udara segar darurat juga tersedia agar kalangan VIP yang jadi penumpang dapat bernapas saat ada kejadian tak terduga.

Kemudian jika penumpang terjebak di dalam, Audi telah melengkapi A8 L dengan sistem piroteknik yang memisahkan engsel pintu. Mobil ini memakai velg 20 inci dibungkus ban run flat tyre, yang memungkinkan mobil melaju hingga jarak 80 km pada kecepatan 80 km/jam saat ban kempis atau bocor.

Tangki bahan bakar diperlakukan dengan bahan khusus yang dapat tersegel otomatis jika terjadi penembakan. Ada pula pelindung khusus untuk part baterai dan elektronik interkom.

Audi A8 L Security memiliki bobot 3,9 sampai 4,2 ton. Tapi akselerasi 0-100 km/jam masih mengesankan, bisa 6,3 detik. Kecepatan tertingginya 210 km/jam. Performa luar biasa itu berkat mesin V8 twin-turbo 4.0 liter.

Sumber : oto.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *